Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tergerus Arus Sungai, Bangunan Kos Roboh

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 15:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Detik-detik robohnya bangunan rumah kost terekam kamera amartir warga. Bangunan longsor akibat tergerus derasnya arus Sungai Sayangan di Desa Sobayan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada hari Minggu.

Pemilik rumah kost, Tri Untoro, saat ditemui mengatakan pondasi rumah kost awalnya ambles sedikit demi sedikit. Namun sesaat kemudian, dua kamar mandi, teras dan pagar tembok ambrol masuk ke badan sungai.

Saat kejadian, kamar kost yang paling dekat dengan lokasi longsor masih terdapat penghuni. Pemilik rumah kost langsung memberitahu penghuni untuk segera menyelamatkan diri. Untuk mengantisipasi kemungkinan longsor susulan, satu penghuni kost diungsikan sementara ke rumah pemilik kost.

“Hujan lumayan deres gitu, tanda-tandanya itu pondasi yang sebelah ujung selatan sudah sedikit demi sedikit ambles atau turun. Kan panjangnya hampir 15 meter, tarik sini dan tahan terus roboh. Dua kamar mandi, teras sama pagar tembok,” ujar Tri Untoro.

Sementara itu, petugas TRC BPBD Klaten, Slamet Riyadi, menyatakan kejadian ini diduga karena hujan deras yang terjadi hari Minggu, sehingga arus air mengikis tanah di sekitar bangunan.

“Karena terkikisnya arus sungai yang kemarin pada hari Minggu itu hujan, karena hujan sangat deras mungkin dikarenakan itu,” jelas Slamet.

Agar longsor tidak melebar, BPBD Klaten memberi bantuan bronjong atau talud sementara untuk memperkuat pembatas sungai. Akibat kejadian ini, Tri Untoro mengalami kerugian material mencapai Rp50 juta.

#tanahlongsor #bpbd #klaten




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x