Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Unik, Bakso Kura-kura Hot Plate Isian Tetelan dan Abon

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 16:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Bakso dengan bentuk kura-kura ini bisa anda temukan di warung bakso Pakde Wonogiri, Dusun Karang Tengah Kidul, Margosari, Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Berbeda dengan bakso pada umumnya yang memiliki bentuk identik bulat, menu baru warung bakso ini berbentuk kura-kura lengkap dengan kepala, ekor serta empat kakinya yang seluruhnya terbuat dari adonan bakso. Selain bentuk yang unik, isian bakso ini juga cukup menggugah selera yakni tetelan daging serta abon sapi.

Proses penyajian bakso inipun sangat menarik. Jika bakso biasa disajikan menggunakan mangkok, bakso ini justru menggunakan hotplate layaknya penyajian steak. Untuk menambah cita rasa, warung ini juga menyiapkan tambahan saos pedas yang diracik khusus untuk disajikan bersama bakso ini. Saat saos ini dituangkan diatas bakso kura-kura, aroma pedas menyengat langsung akan menyebar dan menggugah selera.

“Disajikannya panas, dikasih sambalnya bisa kayak baru dimasak, sama baksonya ini bentuknya unik,” ujar Sulastri, pengunjung.

Pembuatan bakso kura-kura ini terinspirasi dari bakso yang sebelumnya viral di media sosial yakni bakso Gunung Merapi dan Merbabu. Pemilik warung bakso inipun kemudian membuat menu bakso kura-kura yang wujudnya juga unik dan lucu. Proses pembuatan bakso kura-kura tak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya. Namun, untuk proses produksinya sedikit lebih sulit karena harus melewati tahap pencetakan dengan alat khusus. Selain itu, durasi perebusan juga lebih lama karena ukurannya yang jumbo. Karena ukuran yang cukup besar, bakso kura-kura ini juga bisa dinikmati untuk dua orang.

“Bakso yang berbentuk kura-kura besar itu terus didalamnya ada isiannya daging tetelan dan abon yang mungkin justru unik karena tidak dijumpai di bakso mana-mana, isiannya itu ada tetelan dan abon,” jelas Dwi Antar Wibowo, pemilik warung bakso Pakde Wonogiri.

Untuk satu porsi bakso kura-kura ini dijual dengan harga Rp38.000. Selain bakso kura-kura, warung ini juga menyediakan menu unik lain seperti mie ayam lava, bakso Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta minuman berukuran jumbo yang dibanderol mulai dari Rp. 10.000.

#baksokurakura #kulonprogo #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x