Kompas TV regional papua maluku

Jurus Jitu, Satgas 411/PDW Rebut Hati Anak dan Warga Papua

Kompas.tv - 24 November 2023, 10:00 WIB
jurus-jitu-satgas-411-pdw-rebut-hati-anak-dan-warga-papua
Pasukan Pandawa Kostrad Membagikan Sarapan Untuk Anak Papua Sebelum Berangkat ke Sekolah (Sumber: Satgas Yonif 411 /PDW)
Penulis : KompasTV Merauke

NDUGA – Hari berlalu, tak terasa sudah lima bulan prajurit TNI AD yang bermarkas di Kota Salatiga yakni Batalyon Infanteri 411/Pandawa Brigif 6 Divisi 2 Kostrad meninggalkan markas untuk melaksanakan tugas mulia membantu masyarakat di pedalaman Papua Pegunungan.

Kenyam, Kabupaten Nduga atau Nduga bawah, menjadi tempat di mana ksatria Pandawa Kostrad diterjunkan untuk melaksanakan tugas operasi dibawah pimpinan Komandan Satgas, Letkol Inf Subandi.

Lima bulan bertugas di Kenyam, banyak hal yang telah dilakukan Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad, selain menjaga stabilitas keamanan juga berperan dalam memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Dalam beberapa waktu terakhir,  situasi di Keneyam Kabupaten Nduga belum terlepas dari ancaman teror gangguan keamanan dari Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Namun, hal tersebut sudah semakin jarang dan situasi keamanan sudah semakin baik, ini semua merupakan  hasil kerjasama dan sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga serta masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan kondusif.

Setiap pagi warga mulai ramai untuk memulai beraktivitas. Berkebun, buruh bongkar muat di Dermaga Amor, ke hutan, serta  anak-anak  berangkat sekolah dan aktivitas lainnya.

Dengan taktik dan strategi yang disebut jurus jitu yakni pendekatan sosial melalui berbagai program teritorial, Pasukan Pandawa Kostrad berhasil membuat masyarakat memberikan apresiasi atas berbagai gebrakan yang terus dilakukan untuk memberikan manfaat nyata dan kebahagiaan bagi masyarakat luas.

Seperti yang dilakukan pada Kamis, (23/11/2023) pagi, tepat pukul 07.00 WIT, dengan diiringi lagu-lagu nasional, lagu-lagu daerah Papua dan lagu-lagu rohani, membuat suasana pagi di depan Pos Kotis Keneyam menjadi lebih berwarna tidak lagi sepi ataupun sunyi, sekarang sudah jauh berbeda.

Suasana pagi pun semakin ramai pada saat ksatria Pandawa Kostrad membagikan sarapan pagi untuk anak-anak yang akan berangkat sekolah, 100 bungkus nasi telah di gelar dilapak depan Pos Kotis Keneyam, kegiatan pagi ini melibatkan 25 orang yang dipimpin oleh Pasiter Satgas Lettu Inf Sunariyo alias Pakde Naryo.

Tak hanya itu saja alat tulis berupa buku tulis, buku gambar, pena, pensil, penggaris dan penghapus juga disiapkan oleh Pakde Naryo, untuk anak-anak supaya makin semangat belajar.

"Tim DPR atau dapur yang di ketuai oleh Praka Junarianto ini sudah masak dari jam setengah 4 pagi, malamnya Sertu Ismail juga telah menyiapkan berbagai macam alat tulis untuk dibagikan pada pagi harinya, ini gebrakan baru ide dari Bang Alex, pagi-pagi kasih nasi bungkus untuk sarapan," terang  salah seorang prajurit Naryo.

Segerombolan anak-anak yang melihat prajurit TNI dari Pos Kotis Keneyam mereka langsung dengan cepat merapat menghampiri personil yang sudah siap dengan nasi bungkus dan alat tulis sekolah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x