Kompas TV regional papua maluku

Menhub: Bandara Douw Aturure dan Bandara Siboru di Papua Siap Diresmikan

Kompas.tv - 23 November 2023, 00:35 WIB
menhub-bandara-douw-aturure-dan-bandara-siboru-di-papua-siap-diresmikan
Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat siap diresmikan. (Sumber: Kementerian Perhubungan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

NABIRE, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat, siap diresmikan.

“Kita sudah membangun bandara yang cantik dan keren di Papua. Insyaallah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi besok (Kamis, 23/11),” ujar Menhub di Nabire, Papua, saat meninjau langsung dua Proyek Strategis Nasional (PSN), Rabu (22/11/2023).

Menhub menjelaskan, kedua bandara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk saling melengkapi. 

Baca Juga: Usai Dilantik, Begini Kata Panglima TNI Agus Subiyanto Soal Penanganan Konflik Papua

Kehadiran dua bandara tersebut diharapkan dapat semakin melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak. 

“Pemerintah daerah telah menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat. Kemudian, pemerintah pusat yang melakukan pembangunan baik terminal, runway dan fasilitas lainnya,” tuturnya.

“Kami mohon dukungan pemda untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan bandara ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai,” lanjut Menhub, dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.tv, Rabu malam.

Sebagai informasi, Bandara Siboru dibangun mulai tahun 2020 dan baru selesai pada 2023. Sedangkan Bandara Douw Aturure dibangun mulai 2020 dan selesai pada 2022.

Baca Juga: Hari Otsus Mendagri Ingatkan Gubernur di Papua, Jangan Ada Lagi Penduduk Miskin

Peninjauan yang dilakukan Menhub juga dihadiri Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, Direktur Angkutan Udara Putu Eka Cahyadi, penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere.

Kemudian Sekretaris Daerah Provinsi Papua Tengah Anwar Harun Damanik, Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Kapolda Papua Barat Irjen. Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, serta Arsitek Bandara Siboru Andra Matin.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x