Kompas TV regional papua maluku

Hari Otsus Mendagri Ingatkan Gubernur di Papua, Jangan Ada Lagi Penduduk Miskin

Kompas.tv - 22 November 2023, 19:08 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Peringatan hari otonomi khusus untuk pertama kalinya di pusatkan di Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (22/11/2023),  sebagai provinsi termudah di Indonesia yang baru dimekarkan. 

Ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan seperti karnaval budaya yang menampilkan pakaian adat dari suku-suku di Papua hingga masyarakat nusantara, tarian adat Papua dan pameran pembangunan yang menampilkan hasil kinerja pemerintah serta hasil karya kerajinan tangan dan produk masyarakat.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian yang turut hadir sekaligus membuka kegiatan hari otonomi khusus bersama Pj Gubernur Papua Barat Daya, Pj Gubernur Papua Pegunungan dan Pj Gubernur Papua Tengah mengatakan, momen ini dijadikan sebagai evaluasi kelebihan dan kekurangan setiap provinsi. Misalkan seperti anggaran yang diberikan dari pemerintah pusat cukup besar namun masih saja ada penduduk yang miskin.

Tito berpesan kepada seluruh kepala daerah di tanah papua, agar dapat menggunakan uang otsus dengan baik untuk kepentingan rakyat dan meningkatkan taraf hidup, karena pemerintah membuat pemekaran untuk mempermudah birokrasi dan percepatan pembangunan Papua.

Mendagri minta kepada seluruh pimpinan daerah untuk tidak terlena dengan sumber daya alam yang ada di Papua, melainkan peningkatan sumber daya manusia, sehingga harus berfokus pada bidang pendidikan dan kesehatan serta upaya pemberdayaan masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x