Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Viral Dugaan Pelecehan Seksual di UNY, Dekan FMIPA Sebut Ada Indikasi Fitnah

Kompas.tv - 10 November 2023, 18:30 WIB
viral-dugaan-pelecehan-seksual-di-uny-dekan-fmipa-sebut-ada-indikasi-fitnah
Ilustrasi korban pelecehan seksual pada perempuan. Pihak FMIPA UNY buka suara soal unggahan dugaan pelecehan seksual yang viral di X, Jumat (10/11/2023) (Sumber: Envato)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi sosok MF, yang viral diduga pelakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswa baru (maba).

Menurut Dadan, unggahan anonim di akun X @UNYmfs itu ada indikasi meragukan dan fitnah.

"Iya, sudah dikonfirmasi dan terduga berani bersumpah, berani mempersilakan diperiksa akun handphone-nya. Jadi (terduga) sudah dipanggil dan ternyata (diduga) itu fitnah," kata Dadan, Jumat (10/11/2023), dikutip dari Tribun Jogja.

Dadan menyebut akun media sosial pertama yang diduga menyebarkan informasi tersebut merupakan akun samaran alias tidak jelas. Selain itu, lanjutnya, postingan juga langsung dihapus.

Baca Juga: Keluarga Korban Minta Polisi Segera Tetapkan Tersangka Atas Meninggalnya Mahasiswa IAIN Gorontalo

Pihaknya sendiri telah mencoba melacak siapa pengirim pesan anonim yang mengaku dilecehkan senior di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

"Kami sedang melacak tapi belum dapat sumbernya," kata Dadan. 

Ia mengungkapkan, hasil pemeriksaan yang dilakukan, ada beberapa indikasi yang membuat isi unggahan dalam postingan tersebut meragukan.

Dalam unggahan yang viral di media sosial, korban mengaku bertemu terduga pelaku saat penerimaan mahasiswa baru di Bulan Februari.

Padahal Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa baru (PKKBM) UNY baru dimulai di Bulan Agustus.



Sumber : Tribun Jogja, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x