Kompas TV regional berita daerah

Bupati Jember Resmikan Jembatan Kali Tengah, Penopang Ekonomi Pedesaan

Kompas.tv - 9 November 2023, 21:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto meresmikan jembatan kali tengah di Desa Karangduren Kecamatan Balung, pada Kamis (9/11/2023). Jembatan berusia 95 tahun itu dibangun ulang dengan konstruksi baru. Jembatan kini semakin lebar dan dapat dilewati kendaraan roda empat.

Kedatangan Bupati Jember, Hendy Siswanto, disambut ratusan warga dan siswa siswi Sekolah Dasar, di Desa Karangduren, Kecamatan Balung. Bupati selanjutnya meresmikan Jembatan Kali Tengah, yang baru selesai diperbaiki.

Jembatan ini menjadi penghubung Desa Karang Duren dan Desa Karangsemanding, Kecamatan Balung. Sejak dibangun tahun 1928, jembatan ini belum pernah tersentuh perbaikan. padahal, jembatan rawan ambruk, karena di bagian tepi sungai, sering longsor.

Bupati Jember, Hendy Siswanto menjelaskan bahwa jembatan ini sempat diperbaiki pada tahun 2021, namun berhenti, lalu dilanjutkan pembangunan ulang di tahun 2023 dengan konstruksi baru di bagian pondasi, bantaran dan lebar jembatan.

Baca Juga: Resmikan Bumdes, Bupati Jember: Bangun Ekonomi Desa dengan Kearifan Lokal

Saat ini, Jembatan Kali Tengah mempunyai panjang 27 meter, lebar 6 meter dan tinggi dari permukaan sungai 12 meter. Kini, jembatan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan bobot maksimal 12 ton.

Jembatan dibangun dengan anggaran APBD tahun 2023, sebesar 1,3 miliar rupiah. Diharapkan jembatan ini, menunjang aktivitas ekonomi pedesaan.

 

#jembatan #kalitengah #bupatijember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x