Kompas TV regional papua maluku

Latihan Penanggulangan Pencemaran Lingkungan di Perairan Sorong

Kompas.tv - 8 November 2023, 18:22 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Sorong gelar latihan penanggulangan pencemaran lingkungan di perairan dan pelabuhan. Sejumlah unsur maritim dilibatkan untuk berlatih bersama menghadapi kecelakaan kapal yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

Kapal SPOB Naga Benarindo Nusantara dengan kapal TB Isaac bertabrakan di Perairan Sorong, hingga mengakibatkan lambung kapal bocor dan terjadi pertumpahan minyak di laut. Seluruh abk kemudian melompat ke laut hingga menunggu pertolongan. Inilah latihan penanggulangan pencemaran lingkungan di perairan dan pelabuhan, yang dilaksanakan KSOP Sorong, Rabu (08/11/2023).

Sejumlah unsur maritim datang melakukan pertolongan kepada kapal SPOB Naga Benarindo Nusantara yang terbakar. Mulai dari penyelamatan ABK oleh Basarnas, pemadaman api dan pengamanan oleh Lantamal XIV Sorong dan penanggulangan tumpahan minyak oleh KN Salawaku dengan pergelaran oil boom sepanjang 200 meter agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Kepala Subdirektorat Penanggulangan Musibah & Pekerjaan Bawah Air, Aprianus Hangky mengatakan, latihan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh seluruh pelabuhan, agar dapat melatih komunikasi yang baik antar unsur maritim yang ada.

Sementara itu Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Sorong, Jece Piris mengatakan, hingga saat ini belum perna ada laporan terjadi pencemaran lingkungan di perairan, hanya terjadi kecelakaan tabrakan kapal dan langsung segera ditanggulangi oleh tim yang ada.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x