Kompas TV regional kalimantan

Grand Opening TUK Mandiri Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu

Kompas.tv - 8 November 2023, 12:35 WIB
grand-opening-tuk-mandiri-sentarum-kabupaten-kapuas-hulu
Grand Opening TUK Mandiri SENTARUM Kab. Kapuas Hulu (Sumber: P3SM Kalbar)
Penulis : KompasTV Pontianak

KAPUAS HULU, KOMPAS.TV - Senin 06 November 2023 Peresmian Sekretariat TUK Mandiri Sentarum Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Setelah serangkaian panjang persiapan dan penyusunan tempat Uji Kompetensi (TUK) Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM) P3SM dibentuk atas inisiasi dari para “stake holder” beberapa Asosiasi dan beberapa Lembaga atau Perusahaan Serfikasi yang berkeinginan membantu Pemerintah dalam penyampaian Regulasi terkait Sertifikasi ke seluruh pelosok salah satunya di TUK Mandiri Sentarum. Kab. Kapuas Hulu.

Grand Launching dihadiri, Wakil Bupati Kapuas Hulu WAHYUDI HIDAYAT, S.T. Ketua P3SM Kalbar Erwinsyah, S,ST.MM. Kadis PUPR Kapuas Hulu  Marthen, S.T.,M.T.  Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Didik Widiyanto S.Sos.,M.A.P. Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Nanang Padli, S.E.,M.Si Disnaker Kapuas Hulu, Dikbud Kapuas Hulu, Direktur politeknik Kapuas hulu, dan tokoh masyarakat setempat. Acara tersebut langsung di gedung TUK Mandiri Sentarum yang ber alamat di Jalan. M. Dahar Ruko Bapak Abang Tarmiji.

Dalam sambutannya Ketua Perwakilan P3SM Kalbar Erwin mengungkapkan dan  berpesan kepada ketua TUK sentarum jangan berkalut hati harus bersyukur dengan tempat dan fasilitas apa adanya jaga kepercayaan yang sudah diberikan yang terpenting dan utama ialah dalam pelayanan sertifikasi/assesmen memberikan yang terbaik dengan motto Mudah,Murah,Cepat dan tidak melanggar aturan yang ditetapkan “Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, saya selaku ketua perwakilan P3SM kalbar menitipkan harapan yang besar kepada TUK Mandiri Sentarum kelak akan lebih berkembang dan mampu mewujudkan kinerja tenaga terampil maupun tenaga ahli konstruksi yang lebih baik dan menghasilkan para penyedia jasa konstruksi yang profesional, andal, dan dapat membangun infrastruktur berkualitas khusnya kab.kapuas hulu.Tutupnya.

Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayah (Sumber: P3SM Kalbar)

Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayah, ST. yang berkesempatan hadir sekaligus membuka secara resmi Launching TUK Mandiri Sentarum Kab. Kapuas Hulu, dalam sambutannya wahyudi menyampaikan apresiasi kepada Ketua P3SM Kalbar yang sudah berkenan membantu Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu untuk dibuka nya tempat Uji Komptensi TUK Mandiri Sentarum. Secara khusus saya sampaikan terima kasih kepada ketua P3SM Kalbar Bapak Erwinsyah, S.ST.MM dan Bapak Hanafi, ST selaku ketua TUK Mandiri sentarum kab. kapuas hulu.

Wabup menyebut, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat menunjang peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) yang wilayahnya berada paling ujung kalimantan barat ini. Dengan luas wilayah 29.842,00 km² terdiri dari 23 kecamatan, 4 kelurahan, dan 278 desa penduduknya mencapai 237.599 jiwa. Wabup mengatakan atas diluncurkannya TUK Mandiri Sentarum ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Wabup wahyu dalam penyamapaiannya sangat terkesan dan kagum dengan kehadiran P3SM (Pusat Pembinaan Pelatihan & Sertifikasi Mandiri ) diantara banyak mempunyai LSP dan LSBU bahkan izin-izin lainya, harapan kami kedepan semoga bisa bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Kapuas hulu. Kita akan coba sertifikasi ini didapatkan untuk tenaga pendamping desa. Ujarnya,

Kebutuhan akan tenaga pendamping profesional untuk pendampingan desa yang memiliki kompetensi tertentu dan jumlahnya terus meningkat, menunjukkan bahwa tenaga pendamping profesional telah memenuhi syarat untuk menjadi sebuah profesi. Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut.

Dalam rangka mengembangkan profesi tenaga pendamping profesional pendampingan desa beserta sistem penjaminan kualitas terhadap kinerjanya, maka keberadaan sertifikasi profesi tenaga pendamping profesional mutlak diperlukan. Hal tersebut ditegaskan dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa yang menyatakan bahwa tenaga pendamping profesional harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi. tutupnya

Grand Opening TUK Mandiri Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu (Sumber: P3SM Kalbar)

Hanafi sekaligus ketua TUK Mandiri Sentarum mengatakan dengan diresmikannya TUK maka pihaknya siap membantu proses pembuatan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) agar proses lebih cepat, khususnya untuk wilayah Kabupaten Kapuas hulu. "Selain itu dengan adanya TUK Mandiri  dapat mengembangkan informasi dan mempermudah pembuatan SKK konstruksi di ujung borneo ini yakni kapuas hulu,

Hanafi mengungkapkan TUK Mandiri Sentarum nantinya sangat membatu Tenaga kerja konstruksi karena nantinya hanya 1 (Satu) orang pun bisa kami proses tanpa adanya quota, “Kehadiran kami TUK Mandiri Sentarum untuk memberikan manfaat bagi Kabupaten Kapuas Hulu dengan fokus pada bidang jasa konstruksi. Mari manfaatkan tempat uji kompetensi ini. Mudah-mudahan seluruh kebutuhan masyarakat jasa konstruksi di kab. Kapuas hulu dapat dipenuhi di sini. Motto yang kami usung ‘Lebih Murah dan Cepat’. Tutupnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x