Kompas TV regional berita daerah

Kelas Nyaris Roboh Siswa Sekolah Dasar Belajar Di Tenda Darurat

Kompas.tv - 1 November 2023, 17:20 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Inilah suasana aktifitas belajar mengajar di Sekolah Dasar Negeri Bantar Gebang, Desa Bantar Gebang Kecamatan Bantar Gadung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, dilakulan didalam tenda darurat, karena bangunan kelas mereka sudah rusak dimakan usia dan terancam roboh. Menurut pengakuan siswa, sudah hampir 6 bulan mereka belajar ditenda tersebut, yang setiap harinya harus belajar bercampur panas matahari dan baunya debu disekitar sekolah. Ditenda tersebut terisi dua kelas, dimana setiap tingkat kelasnya posisinya saling membelalakagi dengan diajarkan oleh dua orang guru. Suara bisingpun selalu menggangu aktifitas belajar mereka sehingga sulit untuk konsentrasi. Namun dalam kondisi tersebutpun para siswa tetap beesemangat, karena jika dipaksakan belajar didalam kelas, resiko nya lebih besar dengan keselamatan mereka, karena bangungan yang nyaris roboh.

Aktifitas belajar mengajarpun dilakukan dari pagi hingga pukul 11 siang, namu jika hujan tiba mereka terpaksa di pulangkan karena kehujanan. Ada 4 ruangan yang saat ini masih bisa digunakan, namun dari 4 ruangan tersebut, 2 ruangan terancam roboh. Sehingga terkadang 4 kelas di sekolah tersebut secara bergantian belajar menggunakan tenda darurat tersebut.

Menurut Kepala Sekolah, aktifitas belajar mengajar ini dilakukan didalam tenda, karena saat itu ada salah satu siswa yang sedang belajar teetimpa plafon kelas yang sudah lapuk, sehingga untuk menghindari kecelakaan, aktifitas belajarpun dipindahkan di tenda darurat tersebut. Ada empat ruangan kelas yang saat ini sudah rusak dimakan usia. Selain itu fasilitas belajar seperti meja bangku dan yang lainnyapun tidak bisa digunakan. Sudah hampir 15 tahun bangunan tersebut tak pernah diperbaiki, yang terakhir diperbaiki sekitar tahun 2008. Kepala Sekolahpun sudah mengajukan beberapa perbaikan pada dinas terkait, namun hingga saat ini hanya sebatas disurvei saja, tanpa ada realisasi pembangunan.

Orang tua dan pihak sekolah berharap, semoga ada secepatnya perbaikan untuk sekolah tersebut, sehingga para penerus generasi bangsa tersebut bis nyaman dalam belajar.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x