Kompas TV regional berita daerah

MAN 1 Brebes Ciptakan Robot Persawahan Cerdas!

Kompas.tv - 1 November 2023, 14:17 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sebagai penyelenggara kompetisi robotik, Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan, Korea Institute for Robot Industry Advancement, dan Korea Association of Robot Industry, telah menerima pengiriman tiga tim robotik dari MAN 1 Brebes. Tim tersebut adalah Tim The Journey, Tim Brambang dan Tim The Valley.

 

Proyek mereka meliputi Smart Prototype Farming (SpoFarm) atau Persawahan Cerdas, The Pimonfield R-O Robot atau Robot Persawahan, dan Smart Security Bar (Smartty Bar) atau Alat Pendeteksi Kriminalitas di Perumahan. Salah satu perwakilan siswa, Adhieanda Putra Abidin, mengatakan bahwa timnya yang beranggotakan empat orang membuat proyek Persawahan Cerdas atau SpoFarm.

 

Proyek Persawahan Cerdas dipilih siswa bertujuan untuk membantu para petani di Brebes, yang mayoritas petani bawang merah. Cara kerjanya menggunakan sistem otomatis, seperti alat penyiraman bawang otomatis, penutup tempat pengeringan bawang otomatis untuk menghindari hama, dan pompa air otomatis.

 

Proyek ini dibuatnya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua minggu. Semua komponen yang digunakan dibeli secara lokal dengan biaya kurang dari Rp 1 juta.

 

Wakil Kepala Kesiswaan MAN 1 Brebes, Ma’mun Hakim mengatakan materi robotik merupakan bagian dari ekstra kurikuler yang menjadi ikon di sekolahnya. Dirinya bersyukur anak didiknya kembali menorehkan prestasi di ajang kompetisi robotik internasional.

 

Pihak sekolah memberikan kebebasan kepada siswa untuk berkreasi dalam pengembangan, khususnya robotik. Sekolah juga memberikan reward terhadap siswa yang mengharumkan nama sekolah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x