Kompas TV regional jawa barat

Produk Petani Lembang Agri, Tembus Pasar Luar Negeri

Kompas.tv - 30 Oktober 2023, 17:41 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Pusat pelatihan pertanian dan perdesaan swadaya Lembang Agri, berhasil  menembus  pasar Ekspor. Tak hanya melayani pesanan dari luar negeri, melalui pengembangan system digitaliasasi dari hulu ke hilir, produksi sayuran juga diminati restoran siap saji asal luar negeri.

Di tengah sumbangsih positif sektor pertanian terhadap angka kemiskinan, serta pertumbuhan ekonomi nasional kesejahteraan petani masih menjadi tanda tanya .

Pengelolaan sistem pertanian yang baik tidak dimiliki semua petani hal ini mendorong Dodih pria asal Lembang, sejak 2008 mulai merintis kelompok tani.

Pertanian seolah sudah mendarah daging dalam sosok Dodih mulai bertani dari nol pekerjaan yang ditekuninya, kini mengantarkan pada petani sayur yang makmur.

Lewat naungan Lembang Agri yang berada di Kampung Pengkolan Desa Cikidang, Kecamatan Lembang  Kabupaten Bandung Barat,  Dodih bersama gabungan kelompok tani, mengembangkan pertanian secara digitalisasi dari hulu ke hilir,  memberikan  pelatihan manajeman dan budidaya, serta meningkatkan target pasar agar naik kelas. hal ini untuk mendorong petani bisa mandiri dan mempunyai kebebasan kepada siapa untuk menjual hasil pertaniannya.

Smart Digital Farming yang dikelola oleh Lembang Agri, bukanlah teknologi baru yang diterapkan di kabupaten Bandung Barat. Smart green house lembang agri yang ditanami oleh komoditas tani di antaranya paprika.

Selain mempermudah pekerjaan petani seperti aktivitas pemberian pupuk, dan pengairan sudah berjalan secara otomatis, dengan takaran yang tepat. Keberadaan Smart Green House ini bisa meningkatkan hasil panen hingga lebih dari dua kali lipat.

Tak hanya digitalisasi produksi pertanian, sistem digitalisasi juga di kembangkan lembang agri dalam hal pembukuan keuangan, hingga pemasaran agar jangkauan luas.

Kalster lembang agri yang terdiri dari tujuh kelompok tani dengan jumlah anggota sebanyak 245 orang, telah berhasil membina anggotanya  melakukan Ekspor hasil produk para petani di lembang, seperti buncis super  dengan negara tujuan Singapura.

Selain berhasil menembus pasar Ekspor paprika, hasil budidaya klaster Lembang Agri juga  telah memikat restoran siap saji asal  luar negeri.

 

Pengelolaan proses produksiinfrastruktur penunjang hingga penjualan hasil pertanian yang dilakukan oleh klaster lembang Agri, tak bisa dilepaskan dari peran Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Melalui penguatan ekosistem digital dalam mendorong hilirisasi dan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Seiriang berjalan Lembang Agri tumbuh kembang menjadi klaster agribisnis sayuran yang bernilai tinggi dengan pendekatan dari hulu ke hilir.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x