Kompas TV regional papua maluku

Festival Bahari Raja Ampat Bawa Angin Segar Bagi Pelaku UMKM Pengrajin Lokal

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 17:54 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

RAJA AMPAT, KOMPAS.TV - Butuh waktu untuk geliat pariwisata Raja Ampat kembali bangkit, pasca pandemi dua tahun lalu. Hal ini tentunya sangat berdampak pada perekonomian masyarakat lokal khususnya pengrajin. Minim kunjungan wisatawan menyebabkan usaha mereka alami penurunan omset.

Namun dengan diselenggarakannya festival bahari Raja Ampat di tahun ini, tentunya membawa angin segar bagi pengrajin lokal, karena kegiatan ini manarik wisatawan dan mempermudah mereka dalam promosikan karya kerajinan tangan.

Salah satu pengrajin mengaku sejak September hingga saat ini kerajinan tangan yang dihasilkannya sudah banyak yang laku terjual, omsetnya bersama anggoga kelompok mereka mengalami peningkatan hingga 50 persen dari biasanya.

Sementara itu pendamping UMKM dinas koperasi Kabupaten Raja Ampat, mengatakan dalam festival bahari raja ampat kali ini semua pelaku umkm dari kerajinan tangan turut serta pamerkan hasil kerajinannya. Setelah tiga tahun wisata raja ampat pulih, maka pengrajin juga turut bangkit, karena banyak wisatawan yang datang menikmati wisata sekaligus membeli kerajinan umkm.

Diharapkan pariwisata Raja Ampat dapat terus pulih, agar memperbaiki perekonomian masyarakat setempat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x