Kompas TV regional kalimantan

PTPN Group Komitmen Dukung Zero Carbon Sister City Pekanbaru-Kawasaki

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 14:53 WIB
ptpn-group-komitmen-dukung-zero-carbon-sister-city-pekanbaru-kawasaki
PTPN Group Komitmen Dukung Zero Carbon Sister City Pekanbaru-Kawasaki (Sumber: PTPN Group)
Penulis : KompasTV Pontianak

PEKANBARU, KOMPAS.TV - Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) melalui anak perusahaannya yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau, PT Perkebunan Nusantara V berkomitmen untuk mendukung kerjasama Kota Pekanbaru dan Kota Kawasaki Jepang melalui program sister city.

Program dua kota negara sahabat tersebut sebagai upaya mewujudkan zero carbon city melalui penyediaan bio compressed natural gas (CNG) sebagai pengganti bahan bakar fosil untuk transparan bus kota TransMetro Pekanbaru.

Baca Juga: Empat tahun BUMN di Bawah Kepemimpinan Erick Thohir, Berikan Dorongan Besar Bagi PTPN Group

Direktur PTPN V Jatmiko Santosa dalam keterangan tertulisnya di Pekanbaru, Kamis (5/10/2023) mengatakan dalam kerjasama tersebut, PTPN V mendapat kepercayaan untuk memperkuat pengembangan energi baru terbarukan melalui pengolahan palm oil mill effluent (POME) menjadi Bio CNG.

"Sesuai perjanjian kolaborasi yang disepakati, PTPN V mendapat kepercayaan untuk proyek pemanfaatan biogas melalui pengolahan POME sebagai bahan bakar pengganti kendaraan umum Trans Metro Pekanbaru," kata dia.

Dengan begitu, PTPN V yang dalam empat tahun terakhir fokus melaksanakan beragam langkah akselerasi pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) melalui pembangunan pembangkit tenaga biogas berkomitmen mendukung program dekarbonisasi menuju zero carbon city 2050 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Lebih jauh, ia turut mengapresiasi para peneliti badan riset inovasi nasional (BRIN) yang terus merajut komunikasi dan memberikan kesempatan kepada PTPN V dalam melaksanakan kerjasama tersebut sehingga perusahaan dapat terlibat dalam program besar itu.

Baca Juga: Garap Pasar Eropa dan India, PTPN Group Hasilkan Devisa USD18,22 Juta

Sementara itu, tiga perwakilan dari Nippon KOEI yang dipimpin Manager International Environment Department Saito Tetsuya mengunjungi bagian Perencanaan Sustainability dan Teknologi Informasi PTPN V hari ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x