Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pangdam IV Diponegoro Kembali Tegaskan Netralitas TNI

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 16:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Seusai gelaran HUT TNI ke-78 dan HUT Kodam IV ke-73 di Lapangan Parade Kodam IV Diponegoro Semarang, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono mengatakan, sudah ada surat edaran terkait netralitas TNI dalam Pemilu. TNI akan menjaga jarak yang sama terhadap semua kontestan. Bahkan ada imbauan anggota TNI tidak boleh berswafoto dengan apa dan siapa saja yang melambangkan kontestasi Pemilu. Netralitas TNI ini telah sesuai dengan arahan Mabes TNI.

“Kita sudah ada edaran dari Mabes TNI bahwa kita melaksanakan tugas selama pesta demokrasi 2024 nanti adalah netral. Artinya menjaga jarak yang sama dengan semua pilihan. Kemudian, beberapa imbauan diantaranya, kami tidak boleh selfie melambangkan sesuatu yang berhubungan dengan kontestasi,” tegas Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Polisi  Ahmad Lutfi, bahwa Polri dan TNI akan terus bersinergitas dalam menjaga kondusifitas Pemilu mendatang serta akan netral.

"Sinergitas dan solidaritas TNI-Polri sebagai tulang punggung kegiatan masyarakat terutama Pemilu yang akan datang. Kita sangat siap semuanya, apalagi terkait netralitas sama dengan TNI,” pungkas Irjen Ahmad Luthfi.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana, berharap kedepannya TNI semakin jaya, solid dan professional sehingga dapat dicintai oleh masyarakat. Nana juga menambahkan keberadaan TNI sangat penting untuk menjaga keamanan dan mengawal demokrasi.

“Pada kesempatan ini kita berharap semoga TNI ke depan akan semakin jaya, semakin solid, kemudian semakin professional, semakin dicintai oleh masyarakat,” ujar Nana.

Gelaran HUT TNI  ke-78 dan HUT Kodam IV ke-73 ini dimeriahkan dengan sejumlah atraksi beladiri para prajurit Kodam IV Diponegoro. Selain itu, juga diisi reog Ponorogo dan tari  kecak yang akan dibawa ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), serta kesenian barongsai yang juga dimainkan oleh para prajurit setempat. Tidak ketinggalan defile pasukan serta sejumlah alutsista yang dimiliki Kodam IV Diponegoro.

#huttni #kodamivdiponegoro #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x