Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Koptu Shodaqoh, Anggota TNI Sukses Jadi Juragan Bebek Pedaging

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 12:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Inilah Koptu Shodaqoh, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Kodim 0733 Kota Semarang, Jawa Tengah. Selain mempunyai disiplin yang tinggi, anggota TNI yang bertugas di bagian provost ini ternyata mempunyai jiwa berwirausaha.

Bertempat di rumahnya di Jamus Mranggen, Kabupaten Demak, Koptu Shodaqoh mempunyai usaha sampingan yaitu berternak bebek. Usaha yang baru di jalani selama satu tahun ini telah banyak menghasilkan cuan sebagai penghasilan tambahan.

Ternak itik ini ditekuninya usai lepas dinas. Dulunya ia hanya mempunyai 100 ekor bebek, namun dengan ketelatenannya akhirnya ternaknya berkembang dan kini ada sekitar 800 ekor bebek.

Koptu Shodaqoh mengaku bebek yang diternaknya ini khusus untuk pedaging atau pembesaran bukan bebek petelor. Hasil usahanya ini, setiap kali panen bisa mengantongi keuntungan hingga  Rp 5 juta lebih.

“Hasilnya alhamdulillah lumayan. Jadi per 100 nya itu dapat sekitar Rp 400.000 sampai Rp 500.000,” pungkas Koptu Shodaqoh.

Dalam pemasaran tidak menjadi kendala. hasil ternak bebeknya dijual kepada pedagang warung penyetan dan warung makan, dan harga per kilonya mencapai Rp 24.000.

Tidak hanya sukses ternak bebek, ternyata dari tangan terampilnya, ia juga mempunyai budidaya jamur tiram yang di kembangkan di belakang rumahnya. Usahanya ini justru sudah lama digeluti sekitar empat tahun, dan hingga kini masih dirawat dan menghasilkan cuan.

#koptushodaqoh #tni #semarang
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x