Kompas TV regional jabodetabek

Hari Ini Buruh Gelar Demo di Jakarta, Kawal Judicial Review UU Cipta Kerja-Tuntut Kenaikan Upah

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 08:01 WIB
hari-ini-buruh-gelar-demo-di-jakarta-kawal-judicial-review-uu-cipta-kerja-tuntut-kenaikan-upah
Ilustrasi demo Buruh. Partai buruh akan menggelar unjuk rasa atau demo di Jakarta, pada hari ini, Senin (2/10/2023). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai buruh akan menggelar unjuk rasa atau demo di Jakarta, pada hari ini, Senin (2/10/2023).

Diketahui, unjuk rasa ini dilakukan untuk mengawal putusan Judicial Review (JR) Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023 di depan Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam konferensi persnya yang berlangsung daring, Sabtu (30/9), Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan unjuk rasa tersebut dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap Undang-undang Cipta Kerja.

"Bilamana dalam uji formil ini para penggugat kalah, maka masa depan buruh dan kelompok lain akan sulit," ujarnya.

Diketahui, titik kumpul massa buruh ini berada di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Massa nantinya akan melakukan longmarch ke Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Hal ini bertepatan dengan adanya pembacaan keputusan Judicial Review (JR) Omnibus Law Cipta Kerja.

Selain di MK, aksi demo buruh juga dilakukan serempak di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ricuh Demo di Depan Gedung Sate, Mahasiswa Bakar Spanduk dan Lemparkan Bom Molotov

"Aksi di daerah di antaranya Bandung, Serang, Semarang, Surabaya, Batam, Aceh, Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Lampung, Jambi, Banjarmasin, Pontianak, Ternate, Ambon, Mimika, Jayapura, Makassar, Morowali, Manado, dan kota-kota industri lainnya,” kata Said, dikutip dari Kompas.com.

Said lebih lanjut mengatakan pihaknya berharap Hakim MK membatalkan atau mencabut UU Cipta Kerja. Serta menyatakan sebagai inkonstitusional, dan tidak berlaku di Wilayah Hukum Republik Indonesia



Sumber : Kompas TV/Kompas.com.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.