Kompas TV regional jawa tengah dan diy

50 Dokter Spesialis Urologi Gelar Bakti Sosial

Kompas.tv - 19 September 2023, 13:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan oleh ikatan ahli urologi Indonesia (IAUI), untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dilakukan secara serentak di RSUP Dr Kariadi Semarang.

Momen ini disambut baik oleh masyarakat yang merasa mengalami gangguan pada sistem saluran kemih. Ada sekitar 54 warga yang ikut mendaftar kegiatan ini. Mereka langsung mendapat pelayanan dari pemeriksaan fisik, laboratorium hingga pemberian obat- obatan.

Ketua Pengurus Pusat IAUI Ferry Safriadi,  mengatakan kasus pada pasien cukup bervariasi, dari statistik terbanyak memang kasus kencing batu.

“Sosialnya itu adalah, melakukan pemeriksaan secara simultan, teman-teman sejawat dari urologi yang baru lulus dilibatkan untuk memeriksa pasien-pasien kita yang ada di daerah Semarang dan sekitarnya. Dan pemeriksaan ini, standar pemeriksaan dari mulai tanya jawab, tentang keluhan, tentang apa yang diarasakan oleh pasien, hal-hal yang perlu kita lakukan pemeriksaan lanjutan. Kemudian dari pemeriksaan fisik tentunya kita harus mencari kaitan antara keluhan dan apa yang kita temukan dari pasien,” jelas Ferry Safriadi.

“Tujuannya adalah untuk memperkenalkan pada urologi ke masyarakat umum, disini ada 50 dokter urologi di Indonesia yang datang di sini dari total 650 dokter urologi Indonesia yang hadir di Semarang,” ujar Nanda Daniswara, ketua panitia kegiatan.

Sejauh ini kebutuhan dokter spesialis di bidang urologi masih minim. Di Indonesia hanya ada sekitar 640 dokter spesialis urologi padahal jumlah penduduk Indonesia capai 250 juta orang.

Kegiatan sosial yang melibatkan 50 dokter spesialis urologi ini akhirnya  mendapat apresiasi dari museum rekor dunia Indonesia  (Muri) sebagai kegiatan sosial terbanyak melibatkan dokter spesialis urologi.

#urologi  #rsupdrkariadi #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x