Kompas TV regional berita daerah

Bupati Lumajang Raih Gelar Doktor dari UB, Disertasinya Bahas Tambang Pasir

Kompas.tv - 18 September 2023, 19:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG, KOMPAS.TV -  Bupati Lumajang Jawa Timur, Thoriqul Haq meraih gelar doktor ilmu lingkungan setelah menjalani ujian terbuka disertasi di Universitas Brawijaya Malang, pada Jumat (15/9/2023). Cak Thoriq mampu menyelesaikan program studi doktoral selama 3 tahun 2 bulan dengan nilai cumlaude.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menjalani ujian terbuka doktor ilmu lingkungan di gedung widyaloka Universitas Brawijaya Malang. Disertasinya berjudul ‘Kebijakan Pemulihan Lingkungan Berkelanjutan; Studi Pada Pertambangan Pasir di Lumajang’. Judul itu dipilih untuk mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah Kabupaten Lumajang dalam mengatur tata kelola tambang pasir yang berwawasan lingkungan.

Dalam sidang terbuka, yang dipimpin oleh Prof. Dr. Muhammad Khusaini, Bupati Thoriq mampu menjawab semua pertanyaan tim penguji secara sempurna. Salah satunya soal kebijakan pemerintah daerah membuat stockpile pasir terpadu di Desa Sumbersuko untuk mengatasi dampak lingkungan akibat pertambangan pasir.

Baca Juga: Tingkatkan PAD, Bupati Lumajang Gencar Tertibkan Stockpile Pasir Ilegal

Konsep stockpile pasir terpadu menggabungkan semua tempat stockpile yang ada menjadi satu tempat. Sebelumnya, banyak stockpile berada di tepian sepanjang jalan nasional Kecamatan Candipuro hingga Kecamatan Tempeh hingga memunculkan polusi dan kerusakan jalan.

Kini dengan adanya stockpile pasir terpadu, pemerintah dapat membuat jalan khusus untuk armada tambang pasir. Jika sebelumnya, armada tambang pasir melewati jalur pemukiman, kini melewati jalur khusus sehingga dampak polusi akibat debu dapat diminimalisir.

Baca Juga: Sidak Truk Pasir, Bupati Lumajang Marah, Banyak Sopir Melanggar Aturan!

Disertasi Bupati Thoriq mendapat nilai caumlaude dari tim penguji dan mendapat apresiasi dari semua pihak, seperti Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati dan Ketua Pcnu Lumajang, Muhammad Darwis.

Selain di Universitas Brawijaya, Thoriqul Haq juga sedang kuliah S3 atau program doktoral di University of Malaya Kuala Lumpur, Malaysia. Cak Thoriq tengah menyusun disertasi yang mengambil fokus penelitian soal linguistik forensik.

 

#bupatilumajang #cakthoriq #unibraw



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x