Kompas TV regional kalimantan

Strategi PTPN Group Tingkatkan Produktivitas Petani melalui Digitalisasi

Kompas.tv - 17 September 2023, 18:13 WIB
strategi-ptpn-group-tingkatkan-produktivitas-petani-melalui-digitalisasi
Sawit Rakyat Online, aplikasi android besutan PT Perkebunan Nusantara V berhasil menjadi terobosan untuk meningkatkan akselerasi peremajaan sawit rakyat dan peningkatan produktivitas petani sawit. Aplikasi tersebut mendapat sambutan positif dari para petani setelah diunduh lebih dari 10.000 kali (Sumber: PTPN XIII)
Penulis : KompasTV Pontianak

JAKARTA, KOMPAS.TV - Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) melalui anak perusahaannya PT Perkebunan Nusantara V melakukan beragam terobosan dalam upaya memangkas ketimpangan produktivitas petani sawit, salah satunya melalui pendekatan digitalisasi.

Strategi tersebut diwujudkan anak perusahaan yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau tersebut melalui sawit rakyat online, sebuah aplikasi berbasis Android yang memudahkan petani mengakses dan mendapatkan bibit sawit unggul bersertifikat.

Baca Juga: Anak Perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Raih Produktivitas Kilogram TBS Tertinggi

Pasca diluncurkan pertama kali pada akhir 2021 lalu, aplikasi yang dapat diakses melalui Play Store tersebut telah diunduh lebih dari 10.000 kali. Bahkan, aplikasi yang dirancang dengan sederhana dan dapat digunakan dengan mudah oleh para petani tersebut mendapat penilaian positif dari para pengguna.

"Kita bersyukur aplikasi yang dirancang dan dikembangkan oleh insan-insan PTPN V ini memberikan manfaat besar kepada petani untuk mendapatkan bibit sawit berkualitas dan bersertifikat," kata Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa di Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

Ia mengatakan maraknya bibit sawit palsu yang beredar luas di kalangan para petani menjadi dasar utama lahirnya kebijakan pembukaan kran bibit sawit yang dilepas secara daring tersebut. Program tersebut dilangsungkan secara masif dan berkelanjutan di tujuh sentra sekitar unit perusahaan pada 2021 lalu.

Baca Juga: PalmCo Menjadi Pintu Masuk Revitalisasi Lahan PTPN Group

Selama tiga tahun terakhir program itu berjalan dengan sangat baik dan mendapat antusiasme tinggi dari para petani. Seolah oase di gurun pasir, dalam kurun waktu dua tahun, lebih dari 1,6 juta bibit diserap sekitar 4.300 petani sawit.

Jatmiko mengatakan bahwa keberadaan bibit palsu sejatinya telah mendera petani begitu lama. Keberadaan bibit palsu membuat petani merana hingga tiga dekade lamanya.

"Bayangkan, ketika salah pilih bibit. Petani tertipu. Selama 25 hingga 30 tahun lamanya sawit mereka tidak tumbuh maksimal, produktivitas rendah, dan ekonomi pun terganggu. Inilah kenapa program ini kita hadirkan, termasuk melalui sentuhan teknologi," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x