Kompas TV regional jawa timur

Kebakaran Gunung Bromo Hari ke-6: Titik Api Masih Muncul, Upaya Pemadaman Terus Dilakukan

Kompas.tv - 11 September 2023, 20:15 WIB
kebakaran-gunung-bromo-hari-ke-6-titik-api-masih-muncul-upaya-pemadaman-terus-dilakukan
Petugas gabungan dan relawan berusaha memadamkan kebakaran sabana Bromo, Jawa Timur. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menutup seluruh objek wisata di Bromo akibat kebakaran yang kian meluas. (Sumber: Instagram @bbtnbromotenggersemeru)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

MALANG, KOMPAS.TV - Memasuki hari ke-6 kebakaran Gunung Bromo, Senin (11/9/2023), sejumlah titik api masih muncul dan upaya pemadaman terus dilakukan.

Seperti diketahui, pada Rabu (6/9/2023) siang, terjadi kebakaran di Savana Bromo, tepatnya di Bukit Teletubbies.

Kebakaran ini terjadi akibat acara prewedding yang menggunakan suar atau flare hingga kemudian memicu kebakaran di kawasan Gunung Bromo.

Kebakaran Gunung Bromo yang telah berlangsung selama lima hari pada Minggu (10/9/2023) telah menyebar hingga ke Kabupaten Malang. 

Dilansir dari Surya Malang, informasi yang beredar di media sosial menyebutkan bahwa api kebakaran Gunung Bromo telah mencapai Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Malang. 

Video viral yang beredar memperlihatkan kepulan asap hitam yang tebal di sekitar Bromo Hillside atau Cafe 360° di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Malang.

Pada hari yang sama, beredar pula di internet video lain yang memperlihatkan kemunculan tornado api di Savana Brono yang kini tengah terbakar. 

Sebelumnya pada Sabtu (9/9/2023), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung untuk memantau proses pemadaman api di Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di Gunung Bromo, Jawa Timur. 

Tindakan ini diambil karena api yang telah menghanguskan Bukit Teletubbies masih belum berhasil dipadamkan. 

Baca Juga: Titik Api Kembali Meluas Usai Kemunculan Puting Beliung di Tengah Kebakaran Bukit Teletubbies Bromo

Menumpang helikopter, Khofifah memantau titik-titik api yang masih belum berhasil dipadamkan, yang masih mengeluarkan asap. 

Khofifah menjelaskan bahwa masih ada beberapa titik api yang belum berhasil dipadamkan dan terus mengeluarkan asap.

"Memantau titik api yang sudah padam, masih keluar asap dan masih tampak apinya," tulis Khofifah dalam unggahannya di akun Instagram @khofifah.ip, Senin (11/9/2023).

"Masih ditemukan beberapa titik api di Lembah Watangan Bromo," ujarnya.


Hingga Senin (11/9/2023), kobaran api di Gunung Bromo mulai mereda. Meski begitu, masih ada titik api yang berpotensi kembali memicu kebakaran.

Dalam unggahan dari akun Instagram @infowisatagunungbromo, muncul titik api di wilayah Njemplang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x