Kompas TV regional sulawesi

Update Gempa Donggala: Lebih dari 3 Ribu Orang Mengungsi, Sebagian Dirikan Tenda Mandiri

Kompas.tv - 10 September 2023, 10:18 WIB
update-gempa-donggala-lebih-dari-3-ribu-orang-mengungsi-sebagian-dirikan-tenda-mandiri
Sejumlah warga berkumpul di teras rumah pada Minggu (10/9/2023) dini hari, usai gempa Donggala, Sulawesi Tengah. (Sumber: BNPB)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

DONGGALA, KOMPAS.TV - Lebih dari tiga ribu orang mengungsi usai terjadi gempa di Donggala, Sulawesi Tengah pada Sabtu (9/9/2023) malam.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Moh Fickri Vetran, para warga mengungsi di depan rumah mereka masing-masing karena masih trauma dan khawatir akan gempa bumi susulan.

"Warga mengungsi mandiri di pinggir jalan di depan rumah masing-masing. Saat ini tim kami masih melakukan pendataan dampak gempa,” ungkap Fickri, Minggu (10/9/2023), melalui keterangan resmi.

Sebagian warga yang tinggal di dekat pesisir pantai, kata Fickri, juga mendirikan tenda secara mandiri sebagai langkah antisipasi apabila terjadi gempa bumi susulan yang berpotensi tsunami.

Fickri menambahkan, pihak BPBD Kabupaten Donggala akan mendirikan tenda pengungsi jika diperlukan dan apabila masih ada warga yang mengungsi. Sebab, pagi ini beberapa warga sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Hanya yang di pesisir pantai yang mengungsi ke dataran tinggi dan ada sebagian di titik kumpul. Tapi pagi ini berangsur kembali ke rumah masing-masing,” jelas Fickri.

Di sisi lain, tim BPBD Kabupaten Donggala yang dipimpin pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Donggala, Mursid Sanduan, turun ke lapangan pagi ini, Minggu (10/9) guna monitoring lebih lanjut. 

Baca Juga: Gempa Donggala M6,1 Sebabkan Warga Panik dan Ingin Mengungsi ke Tempat Aman

Selain itu, kaji cepat lanjutan juga dilakukan untuk menghitung jumlah kerusakan bangunan, termasuk upaya pencarian dan pertolongan warga terdampak gempabumi.

Hasil pendataan cepat sementara dari lapangan menunjukkan, ada tiga rumah yang mengalami rusak ringan. Tim BPBD Donggala pun terus menyisir beberapa lokasi untuk asesmen lanjutan. 

“Baru ada tiga rumah rusak ringan, untuk korban jiwa belum ada dan mudah-mudahan tidak ada,” kata Fickri.

Ia menambahkan, belum ada laporan terkait korban jiwa usai gempa yang mengguncang daerah Donggala dan sekitarnya.

Sementara itu, menurut laporan yang diterima Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), guncangan gempa bumi dirasakan di beberapa wilayah selama kurang lebih 1-5 detik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x