Kompas TV regional berita daerah

SMK Pelita YNH Mengadakan Simulasi Pemilu Bagi Siswa

Kompas.tv - 9 September 2023, 16:45 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Simulasi pemilihan serentak pada Tahun 2024 dan sosialisasi pemilu terhadap pemilih pemula, dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan, SMK Pelita Kota Sukabumi. Potensi pemilih pemula merupakan pemilih yang cukup strategis. Oleh karena itu, dengan kegiatan ini diberikan materi pendidikan pemilih muda mulai dari demokrasi, pemilu, hingga tata cara pencoblosan nanti.

Untuk lebih menyemarakan simulasi pesta demokrasi tersebut, panitia melakukan pemilihan ketua osis. Pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara pemilihan Presiden atau Kepala Daerah yaitu dengan pencoblosan secara langsung. Simulasi digelar dengan format pemilu, dimulai dengan memperagakan tata cara pencoblosan 3 calon. Kemudian para siswa melakukan registrasi dilanjutkan dengan pencoblosan di bilik-bilik suara yang sudah disediakan, hingga memasukan ke kotak suara. Sementara bagi yang sudah mencoblos harus diberi tinta sebagai bukti sudah melakukan pencoblosan. Dengan dilakukannya simulai ini para siswa sangat antusis, dan upaya perwujudan penanaman demokrasi sejak dini. Sehingga nantinya terbiasa dengan demokrasi yang ada.

Pihak Sekolah berharap generasi muda lebih memahami tentang hak dan kewajibannya sebagai Warga Negara dalam menentukan pilihannya ke depan, terutama bagi siswa yang Tahun depan genap 17 Tahun. Sehinnga bisa mengikuti pemilihan serentak 2024 nanti.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x