Kompas TV regional jawa barat

Keren, Bupati Bandung Raih Penghargaan Tokoh Nasional Pendorong Ekonomi Kerakyatan

Kompas.tv - 30 Agustus 2023, 10:44 WIB
keren-bupati-bandung-raih-penghargaan-tokoh-nasional-pendorong-ekonomi-kerakyatan
 
Penulis : KompasTV Bandung

KAB. BANDUNG, KOMPAS.TV - Bupati Bandung, Dr H.M. Dadang Supriatna meraih apresiasi sebagai tokoh nasional pendorong ekonomi kerakyatan terbaik di Indonesia. Penghargaan bergengsi itu diberikan oleh Majalah Tempo Group di Ritz Carlton Hotel, Jakarta, Selasa (29/8/2023) malam.

Dadang Supriatna dinilai sebagai tokoh nasional dan kepala daerah terbaik di Indonesia yang berkontribusi besar pada pembangunan di daerahnya masing-masing dan di tingkat nasional terutama dalam komitmen pembangunan  dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Bandung.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu juga menjadi satu-satunya kepala daerah di Bandung Raya dan Jawa Barat yang berhasil meraih penghargaan tingkat nasional pada ajang bergengsi "Apresiasi Tokoh Indonesia" yang digagas Tempo bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut.

 

Direktur Utama Tempo Group, Arif Zulkifli mengatakan setiap tahunnya Tempo memiliki 'budaya' untuk memberikan apresiasi atau penghargaan kepada para tokoh dan kepala daerah di Indonesia yang dinilai berprestasi dan berkontribusi besar pada pembangunan daerah dan mendorong kemajuan masyarakat.

"(Pak Bupati Dadang Supriatna) telah mengukir prestasi dan membuktikan karya nyata untuk masyarakat dengan mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan yang luar biasa di Kabupaten Bandung. Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi Tempo terhadap prestasi beliau," ujar Arif Zulkifli di hadapan Mendagri Tito Karnavian dan ratusan kepala daerah se-Indonesia.

Dadang Supriatna dinilai berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Bandung yang salah satunya dengan upaya penyediaan modal usaha dan modal kerja bagi masyarakat melalui program dana bergulir tanpa bunga dan tanpa agunan.

 

Program tersebut dinilai para panelis Tempo terbukti efektif untuk menumbuhkan banyak wirausahawan baru sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Kabupaten Bandung. Dampaknya, pendapatan dan daya beli masyarakat juga meningkat.

Selain itu, program dana pinjaman bergulir tanpa bunga dan tanpa agunan yang digagas Bupati Bandung Dadang Supriatna juga disebut efektif untuk memberantas ketergantungan masyarakat terhadap rentenir alias bang emok.

"Indeks sosial dan ekonomi Kabupaten Bandung terus mengalami tren positif. Menurut data BPS, persentase penduduk miskin turun menjadi 6,8 persen. IPM terus meningkat menjadi 73,16 dan PDRB per kapita bertambah menjadi 38,46 juta. Itu semua baru data tahun 2022, tahun ini trennya pasti semakin baik," jelas Arif dalam pemaparannya.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian mengatakan pihaknya sangat berterima kasih dan mengapresiasi Tempo yang rutin menggelar kegiatan "Apresiasi Tokoh Indonesia" tersebut.

Kegiatan tersebut, kata Tito, sangat positif terutama sebagai sosial kontrol masyarakat melalui media massa agar seluruh pemerintah daerah tidak hanya bekerja sesuai aturan dan regulasi yang ada, namun juga "wajib" menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan untuk kemajuan daerah masing-masing.

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x