Kompas TV regional bali nusa tenggara

Setelah 30 Tahun, Desa Adat Sarimertha Gelar Upacara Karya Agung

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 15:07 WIB
setelah-30-tahun-desa-adat-sarimertha-gelar-upacara-karya-agung
Desa Adat Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung Menggelar Upacara Karya Agung (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPASTV - Keanggunan Lemah lembut penari dalam persembahan Tari Wali Rejang Anglukat, Tari rejang renteng, Rejang Dedari, Topeng, hingga Wayang Lemah, disertai irama tetabuhan bali mengalun kuat, menandakan upacara dewa yadnya tawur balik sumpah agung tengah berlangsung dengan penuh syukur. 

Upacara Dewa Yadnya di Pura Dalem Prajepati Lan Setra, Desa Adat Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, ini setelah beberapa kali melaksanakan pemugaran atau renovasi pura. Dimana rentetan karya yang dilaksanakan yakni karya Mamungkah Agung, Tawur Balik Sumpah Agung, Mupuk Pedagingan, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Nyenuk, Makebat Daun, Mangun Ayu Lan Mapedanaan, dengan dipuput oleh 10 orang sulinggih. Karya dilaksanakan pada Warsa 1945 Caka, Anggara Kliwon Medangsia, 22 Agustus 2023. 

Sebelumnya, persiapan karya telah diawali dengan Matur Piuning, kemudian dilanjutkan dengan penyucian Sarana Upakara, dan persiapan untuk caru balik sumpah agung. Upacara melasti dan mapekelem serta nunas tirta amerta juga dilaksanakan pada minggu 20 agustus 2023, di segara lepang, kecamatan banjar angkan, klungkung, bali.

Made Sudiarta selaku Bendesa Adat Sari Mertha Mengatakan, upacara ini pun dilaksanakan atas seizin dari Ida Yajamana. Dimana, karya ini terakhir dilaksanakan 30 tahun yang lalu. 263 kepala keluarga krama desa adat sarimertha berpartisipasi dengan semangat dan tulus iklas dalam menghaturkan yadnya pada Karya Desa Adat Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini. 

Sementara itu, keesokan harinya pada buda manis medang sia,  23 agustus 2023, dilaksanakan kegiatan ritual Macepuk Ida Sesuhunan Ratu Gede, dan Ratu Mas Serongga, Tojan, dan Sari Mertha di Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali. Calonarang Ludrakala Tatwa, Ida Sesuhunan Sami Napak Pertiwi juga digelar di Pura Dalem Prajapati, Desa Adat Sarimertha, Kulungkung.

Krama Desa Adat Sarimertha berharap pada karya agung ini dapat memberikan berkat yang melimpah, dan kesehatan bagi seluruh krama yang ada di Desa Adat Sarimertha, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.

 

 

 

 

 

 

#DesaAdatSarimertha #Klungkung #Upacarakaryaagung



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x