Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Layanan Paspor Merdeka Diserbu Warga Semarang

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 18:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk meningkatkan pelayanan pembuatan paspor, Kantor Imigrasi Semarang membuka layanan Paspor Merdeka. Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kemenkumham RI sekaligus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

Dengan layanan Paspor Merdeka yang dilaksanakan pada 5 hingga 6 Agustus 2023 di Gedung Weeskamer Kawasan Kota Lama Semarang diharapkan dapat membantu masyarakat yang tidak sempat ke kantor imigrasi karena bekerja atau kekurangan kuota. Warga Kota Semarang pun antusias memanfaatkan layanan Paspor Merdeka ini.

Dalam sehari layanan Paspor Merdeka dibagi menjadi tiga sesi, setiap sesi dibuka kuota sebanyak 78 orang sehingga dalam satu hari petugas imigrasi semarang bisa melayani 200 lebih pemohon paspor. Menurut Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Semarang Thomas Aries mengatakan pengajuan paspor rata-rata digunakan untuk wisata ke luar negeri dan umroh.

“Memang untuk rata-rata di sini untuk wisata dan umroh kalau tujuan pemohon itu sendiri,” tutur Thomas.

“Sebelumnya kan daftar lewat aplikasi paspor yang agak susah daftarnya, terus kalau misalnya dapat pun dia pilihannya di hari kerja, jadi susah. Untuk pelayanan Paspor Merdeka cukup cepat, tadi dari awal datang sebelum jam 04.00 kan tadi sudah dikasih nomor antrean. Tidak usah rebutan lagi,” ungkap Sarah, pemohon paspor.

Sebelumnya para pemohon paspor pada gelaran layanan Paspor Merdeka ini mendaftar secara online untuk mendapatkan kuota dan jadwal pembuatan paspor.

#paspormerdeka #imigrasi #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x