Kompas TV regional jabodetabek

8 Rute Bus TransJakarta Dialihkan Hari Ini karena Acara Istana Berkebaya, Simak Daftarnya!

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 10:49 WIB
8-rute-bus-transjakarta-dialihkan-hari-ini-karena-acara-istana-berkebaya-simak-daftarnya
Foto arsip. Uji coba Transjakarta dari Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno Hatta yang harusnya dilakukan hari ini, Selasa (4/7/2023), ditunda pelaksanaannya. (Sumber: Gridoto.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Setidaknya ada delapan rute bus TransJakarta yang dialihkan karena adanya acara Istana Berkebaya di Istana Merdeka, Jakarta hari ini, Minggu (6/8/2023).

Acara Istana Berkebaya merupakan side event perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Acara ini rencananya digelar pada Minggu (6/8/2023) pukul 15.30 WIB sampai dengan pukul 17.45 WIB di ruas Jalan Medan Merdeka Utara sisi utara.

Oleh karena itu, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melaksanakan rekayasa lalu lintas di beberapa titik di sekitar lokasi.

Akibatnya, beberapa rute TransJakarta juga perlu dialihkan untuk menyesuaikan pengaturan lalu lintas.

Baca Juga: Simak 5 Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Presiden 6 Agustus 2023, Ada Acara Istana Berkebaya

Menurut Kepala Dishub (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, armada Transjakarta yang melalui Jalan Veteran 3 - Jalan Medan Merdeka Utara sisi Selatan dialihkan melalui Jl Ir H Juanda menuju Jalan Majapahit, lalu ke Jalan Medan Merdeka Barat.

Selain itu, ada delapan rute bus yang terdampak, yakni:

  • Rute 2 Pulo Gadung-Monas
  • Rute 3 Kalideres-Monas
  • Rute 2A Pulo Gadung-Rawa Buaya
  • Rute 2ST Juanda-Bundaran HI
  • Rute 2C Monas-JIEXpo
  • Rute BW2 Jakarta Modern
  • Rute BW4 Pencakar Langit
  • Rute BW9 Monas-PIK.

Ia menjelaskan, seluruh rute akan dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda-Jalan Majapahit, Jalan Medan Merdeka Barat.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Syafrin melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Hari Ini Ada Acara Istana Berkebaya di Istana Merdeka Jakarta, Apa Itu?

Syafrin pun mengingatkan para masyarakat, yang akan melakukan perjalanan ke Stasiun Gambir, untuk menyesuaikan waktu perjalanan agar tidak ketinggalan kereta jarak jauh.

“Kepada para pengguna Kereta Api jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir agar dapat menyesuaikan waktu perjalanannya," ujarnya, dilansir dari Kompas.com.

Syafrin menerangkan, total tamu undangan Istana Berkebaya ada lebih dari 30 ribu orang, tepatnya 30.339 orang.

Acara yang disiapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini merupakan peragaan busana kebaya yang akan diikuti 401 peserta dengan catwalk sepanjang 200 meter.

Istana Berkebaya juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari, pertunjukan musik, panggung budaya, dan area pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x