Kompas TV regional jabodetabek

Simak 5 Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Presiden 6 Agustus 2023, Ada Acara Istana Berkebaya

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 08:00 WIB
simak-5-rekayasa-lalu-lintas-di-sekitar-istana-presiden-6-agustus-2023-ada-acara-istana-berkebaya
Foto arsip. Empat duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) dari negara sahabat di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 1 September 2021. (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melaksanakan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara pada Minggu, (6/8/2023) karena adanya penyelenggaraan acara Istana Berkebaya.

Menurut Kepala Dishub (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Ia menerangkan, kegiatan Istana Berkebaya akan dimulai pada pukul 15.30 WIB sampai dengan pukul 17.45 WIB di ruas Jalan Medan Merdeka Utara sisi utara dengan total tamu undangan lebih dari 30 ribu orang, tepatnya 30.339 orang

Syafrin pun menyarankan agar masyarakat menghindari sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi acara.

Baca Juga: Dibuka Besok, Ini Link dan Cara Daftar untuk Ikut Upacara HUT RI di Istana Bareng Presiden Jokowi

Semua kendaraan bermotor dilarang melintasi ruas jalan yang dialihkan, kecuali bus Transjakarta.

Ini rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan saat acara Istana Berkebaya 6 Agustus 2023:

  1. Jalan Majapahit dari arah dari Utara menuju Selatan (Bundaran HI), seluruh kendaraan bermotor dilarang melintas kecuali bus transjakarta. 2. Jalan Veteran 1, 2 dan 3 dan simpang antara Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Medan Merdeka Utara ditutup untuk kendaraan bermotor.
  2. Jalan Veteran 1, 2 dan 3 dan simpang antara Jalan Medan Merdeka Timur dan Jalan Medan Merdeka Utara ditutup untuk kendaraan bermotor.
  3. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur (dari arah Selatan) yang akan menuju ke arah Barat melalui Jalan Medan Merdeka Utara, dialihkan menuju ke Jalan Ir. H. Juanda.
  4. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju ke arah Selatan melalui Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Ir H Juanda menuju Lapangan Banteng, lalu ke Jalan Medan Merdeka Timur.
  5. Arus lalu lintas dari arah Jalan Ir H Juanda yang akan menuju ke arah Selatan melalui Jalan Majapahit, dialihkan ke Jalan Suryopranoto - Jalan Tomang Raya - Jalan S Parman - Jalan Gatot Subroto.

Syafrin menambahkan, Transjakarta yang melalui Jalan Veteran 3 - Jalan Medan Merdeka Utara sisi Selatan dialihkan melalui Jl Ir H Juanda menuju Jalan Majapahit, lalu ke Jalan Medan Merdeka Barat.

Baca Juga: Meriahkan HUT ke-78 RI, Ini Cara Buat Twibbon Sendiri di HP Pakai Canva dan Unggah di Twibbonize

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan," kata Syafrin, Jumat (4/8/2023) dilanssir dari Kompas.com.

Acara Istana Berkebaya merupakan side event perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Acara ini juga disiapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Istana Berkebaya merupakan peragaan busana kebaya yang akan diikuti 401 peserta dengan catwalk sepanjang 200 meter.

Istana Berkebaya juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari, pertunjukan musik, panggung budaya, dan area pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x