Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Inspiratif, Daftar Sekolah Pakai Singkong Hingga Pisang

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 15:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Seperti inilah penerimaan siswa baru di Madrasah Tsanawiyah Pakis di Desa Gunung Lurah, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kelapa, talas, singkong, labu, hingga pisang dibawa para orangtua ke sekolah. Bukan untuk dijual atau sebagai pelicin agar anak mereka diterima, namun hasil bumi ini dibawa semampunya sebagai simbol ikatan antara orangtua dengan sekolah.

Hasil bumi ini nantinya dinikmati bersama oleh warga sekolah dan orangtua siswa. Jika berlebih, akan dijual untuk biaya operasional sekolah. 

“Siswa baru ataupun siswa lama yang kenaikan kelas hari ini daftar ulang. Alhamdulillah banyak orangtua anak-anak yang membawakan hasil buminya. Daftar ulang, daftar peserta didik barunya dengan hasil bumi. Ada yang bawa pisang, kelapa, beras, labu, singkong, dan aneka macam hasil bumi,” tutur Isrodin, Kepala MTS Pakis.

“Kenapa ini kita berlakukan? Ya sebenarnya yang paling substansif adalah di dunia pendidikan, bahwa kadang ketika persoalan dunia pendidikan mahal menjadi masalah bagi masyarakat sekitar, tapi bagi kita bagaimana cara menghasilkan solusi. Uang bukan segala-galanya, yang penting anak-anak ini bisa sekolah bagaimana caranya,” tambahnya.

Madrasah Tsanawiyah Pakis berdiri di bagian barat lereng Gunung Slamet, sejak 10 tahun silam. Tidak ada pungutan biaya untuk bersekolah di tempat ini, sehingga jadi pilihan warga. Perawatan sekolah dilakukan dengan cara gotong royong oleh warga sekitar atau orangtua siswa dan para siswa.

“Karena saya kan anaknya banyak, sampai 12, jadi tidak bisa sekolah di mana-mana, yang penting sekolahnya lulus di sini saja, yang dekat terus tidak ada biayanya, terus ke mana-mana tidak ada uangnya,” ucap Sakinah, orangtua calon siswa.

Saat ini Madrasah Tsanawiyah Pakis memiliki 22 siswa. Selain pendidikan akademik, para siswa juga praktik langsung cara bertani di sekolah. Sudah tujuh kali sekolah ini meluluskan alumninya. Tak sedikit di antara mereka saat ini telah bekerja, dan ada juga yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

#mtspakis #pendidikan #daftarulang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x