Kompas TV regional jabodetabek

Tarif LRT Jabodebek Segera Ditetapkan, Mulai Rp5 Ribu untuk Kilometer Pertama

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 11:09 WIB
tarif-lrt-jabodebek-segera-ditetapkan-mulai-rp5-ribu-untuk-kilometer-pertama
Foto Arsip. Pembangunan LRT Jabodebek akan berlanjut sampai Bogor dan Karawang, sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Kompas.tvAnt)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tarif transportasi publik light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) yang akan diuji coba pada 12 hingga 15 Agustus 2023 mendatang segera ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Juru bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, tarif LRT akan segera ditetapkan melalui Keputusan Menteri (kepmen) Perhubungan untuk disahkan.

Adita mengungkapkan, tarif LRT Jabodebek sebesar Rp5 ribu untuk kilometer pertama dan Rp700 per kilometer selanjutnya.

"Ya ini perhitungan yang dituangkan di kepmen," kata Adita, Jumat (7/7/2023).

Ia pun membenarkan bahwa tarif maksimal LRT Jabodebek ini berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp25 ribu, tergantung jarak yang ditempuh penumpang.

Meski besaran tarif sudah ditetapkan, Adita mengaku pihaknya masih harus memfinalisasi keputusan ini melalui Kepmen Perhubungan. 

Setelah Kepmen Perhubungan terbit, barulah besaran tarif LRT Jabodebek bakal disosialisasikan ke publik. Meski begitu, Adita enggan mengungkapkan kapan penerbitan Kepmen tersebut. 

Baca Juga: Berapa Harga Tiket LRT Jabodetabek? Kemenhub Beberkan Besaran Tarifnya

"Pentarifan masih dalam finalisasi aspek hukumnya. Angkanya sudah ditetapkan, sekarang tinggal masalah administrasinya," ujarnya Jumat (7/7), dilansir dari Kompas.com.

Sebelumnya, Manager Public Relations Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, masyarakat dapat membeli tiket uji coba LRT mulai besok, Senin (10/7).

Pendaftaran uji coba LRT Jabodebek



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x