Kompas TV regional jawa timur

Botok Sidat atau Oling, Kuliner Bergizi dan Baik Untuk Kesehatan

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 21:31 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Botok biasanya terbuat dari tahu, tempe, tawon, ikan ataupun ayam. Namun di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, ada sebuah warung yang mengolah botok dari ikan sidat atau oling. Selain teksturnya yang lembut, sidat mengandung banyak gizi dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Salah satu warung yang menyediakan botok ikan sidat atau uling adalah warung milik Bu Winoto. Berada di Jalan Raya Nogosari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Warung ini menyediakan menu ikan air tawar, mulai dari udang, wader, kepiting sungai, lele, belut dan uling atau sidat. Dari sekian menu yang ada, menu botok oling yang menjadi andalan dan banyak dicari pelanggan.

Pembuatan botok oling sederhana. Pertama, bersihkan dan potong ikan uling. Lalu rendam dengan berbagai bumbu, seperti bawang putih dan merah, cabai, kunyit dan kemiri.

Selanjutnya, bungkus ikan uling dengan daun pisang dan kukus selama 30 menit. Botok uling disajikan dengan sambal khas, yakni sambal terasi wader. Selain gurih, botok oling baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Menteri KKP Tinjau Olahan Makanan dari Ikan dan Budidaya Sidat Ekspor

Warung ini sudah berdiri lama dan kini dikelola oleh generasi kedua. Satu porsi botok uling lengkap dengan nasi dan sambal, dijual 30 ribu rupiah.

 

#botok #sidat #lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x