Kompas TV regional kalimantan

P3SM Kalbar Berbagi Daging Kurban, Berbagi Kebahagiaan

Kompas.tv - 3 Juli 2023, 14:35 WIB
p3sm-kalbar-berbagi-daging-kurban-berbagi-kebahagiaan
P3SM Kalbar Bagikan Daging Kurban (Sumber: P3SM Kalbar)
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, P3SM Kalbar melakukan penyembelihan hewan kurban yang digelar di Kantor P3SM Kalbar, Jumat 30 Juni 2023. Kegiatan kurban ini dilaksanakan atas anjuran berkurban dan untuk melaksanakan panggilan ibadah haji, bagi yang mampu.

Sesuai dalam firman Allah SWT dalam surat Al-Kautsar ayat 2, Allah SWT memerintahkan seluruh umat muslim untuk salat dan berkurban. Kurban sendiri memperingati ketika Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk mengorbankan putranya Nabi Ismail sebagai wujud kepatuhannya terhadap Allah. Dan ketika Nabi Ibrahim ikhlas dalam menjalankan perintah-Nya, Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan domba. Perstiwa tersebut kemudian setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: P3SM Kalbar bersama Distrik Navigasi Tipe A Kelas III Pontianak Gelar Pelatihan

"Kegiatan ini adalah sesuatu yang membanggakan kita yang merupakan ekspresi kepedulian sosial bagi masyarakat sekitar kita dan hendaknya Hari Raya Idul Adha Juga dapat diresapi makna esensi dari hakikat kurban yang sebenarnya. Mengilhami dari kejadian yang dialami oleh Nabi Ibrahim, bahwasanya segala apa yang ada di dunia ini adalah kepemilikan Allah. Nabi Ibrahim sejatinya diperintahkan untuk menekan rasa kepemilikannya terhadap Nabi Ismail, sebagai bentuk iman dan takwa hanya kepada Allah SWT semata," kata Muhammad Tohir.

Kegiatan Ini Berlangsung Sehari Setelah Salat Idul Adha diselengarakan, yakni pukul 07.00 WIB. Hewan kurban yang dipotong dalam kurban ini adalah satu ekor sapi jantan yang telah berusia siap kurban atau lebih dari dua tahun. Ide pemotongan hewan kurban sendiri diinisiasi oleh segenap karyawan dan karyawati P3SM Kalbar. Daging kurban didistribusikan pada ratusan masyarakat sekitar kantor P3SM Kalbar, serta beberapa kaum fakir miskin.

P3SM Kalbar Bagikan Daging Kurban (Sumber: P3SM Kalbar)

"Tentu saja, tujuan kita berkurban untuk berbagi dengan sesama, berbagi kebahagiaan kepada saudara-saudara kita di luar sana yang tidak sempat merasakan daging sebelumnya," ujar Muhammad Tohir, Staf & Ketua Panitia Kurban.

Daging-pun setelah dipotong-potong dan ditimbang sesuai dengan ukurannya kemudian dikemas dengan jumlah lebih dari 100 kemasan dan dengan timbangan yang sama dan kemudian daging kurban dibagikan kepada masyarakat. Tohir Pun Menjelaskan, ini adalah ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah. Lebih jauh, ia menjelaskan peringatan Idul Adha menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan rasa syukur kepada Sang Khalik atas rezeki dan keberkahan yang diberikan kepada perusahaan dan karyawan.

Baca Juga: P3SM Kalbar Gelar Pelatihan & Uji Sertifikasi Kompetensi Konstruksi Ahli Muda di Kabupaten Landak

"Pelaksanaan kurban menjadi bentuk ucapan rasa syukur kita dan kepada Allah SWT. Semoga dengan pelaksanaan kurban ini bisa menjadi ladang amal serta meningkatkan iman dan takwa kita, sehingga insan P3SM Kalbar diberikan keberkahan untuk terus berkarya dan tumbuh positif," urainya.

P3SM Kalbar Bagikan Daging Kurban (Sumber: P3SM Kalbar)

Hasan, salah satu warga yang menerima paket daging kurban Mengucapkan Terima Kasih Kepada P3SM Kalbar. 

"Semoga Keberkahan Idul Adha turut dirasakan masyarakat yang lebih dari 100 Bungkus paket daging sapi ini didistribusikan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar P3SM Kalbar," ujar Hasan.

Sementara itu, salah seorang warga lain, Suwati (53) yang juga mendapat daging kurban berterima kasih pada P3SM Kalbar yang sudah menularkan semangan keberkahan & kebahagiaan untuk masyarakat.

"Alhamdulillah, kepedulian P3SM Kalbar turut menularkan semangat keberkahan dan kebahagiaan untuk masyarakat. di hari raya kurban ini  kepada masyarakat setempat," kata Suwati.

P3SM Kalbar Bagikan Daging Kurban (Sumber: P3SM Kalbar)

"Karyawan & karyawati memiliki semangat yang sangat tinggi untuk melaksanakan ibadah kurban. Saya kira hal ini adalah bagian dari ungkapan rasa syukur kita kepada Yang Kuasa atas segala nikmat dan keberkahan yang kita peroleh selama ini. Mewakili segenap karyawan P3SM Kalbar, kami mengucapkan selamat Idul Adha 1444 Hijriah kepada saudara-saudara kami yang merayakannya,” Ucap Muhammad Thohir.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x