Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Masjid Sheikh Zayed Solo Ramai Dikunjungi pada Akhir Pekan usai Iduladha, Keamanan Ditingkatkan

Kompas.tv - 2 Juli 2023, 18:51 WIB
masjid-sheikh-zayed-solo-ramai-dikunjungi-pada-akhir-pekan-usai-iduladha-keamanan-ditingkatkan
Barang bawaan pengunjung Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah harus melalui proses pemindaian demi menjaga keamanan masjid, Minggu (2/7/2023). (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Keamanan di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah ditingkatkan pada akhir pekan ini yang bertepatan dengan momen libur panjang Iduladha 2023/1444 Hijriah.

Kepala Satpam Masjid Sheikh Zayed Solo, Nando, menjelaskan untuk meningkatkan keamanan di lingkungan masjid, pihaknya bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Perlindungan Masyarakat (Linmas), dan Kepolisian Resor Banjarsari.

"Kami berkoordinasi dengan instansi di luar seperti Satpol PP, Linmas, dan pihak Polres Banjarsari," jelas Nando, Minggu (2/7/2023).

Selain bekerja sama dengan sejumlah aparat keamanan, Nando mengaku menambah jumlah personel pada tiga sif keamanan, terutama saat waktu padat.

Ia mengaku, pihaknya memprioritaskan waktu puncak kepadatan pengunjung pada pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. 

"Karena potensi-potensi ramai, puncak keramaian itu setelah zuhur sampai habis magrib," tegasnya.

Ia mengungkapkan, jumlah personel keamanan di area masjid juga ditambah di setiap sif. Biasanya, kata dia, tiap satu sif pihaknya hanya menyiagakan 15 personel. 

Baca Juga: Libur Panjang Iduladha, Masjid Sheikh Zayed Solo Dikunjungi hingga 50 Ribu Orang

"Sekarang kami tambah sampai 20 personel, karena kami memfilter dari luar, mengantisipasi makanan, korek api, senjata tajam, dan barang-barang yang tidak boleh dibawa masuk," ungkapnya.

Menurut Nando, selama ini banyak pengunjung yang kehilangan sandal saat mengunjungi masjid. Pasalnya, tak ada penjaga yang khusus menjaga loker atau rak penyimpanan sandal.

"Kami memang tidak menyediakan petugas untuk penjagaan di penitipan sandal, jadi kendalanya jemaah itu banyak yang sandalnya hilang," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau agar para jemaah atau pengunjung masjid yang diresmikan pada November 2022 itu membawa tas sendiri untuk menyimpan sandal masing-masing.

"Bawa kantong plastik saja sama tas, jadi tas digunakan untuk membawa sandal tersebut, jadi bisa dibawa keluar-masuk. Dibawa terus sampai salat ke area main prayer juga," jelasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x