Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sri Sultan HB X Bakal Tinjau Dampak Gempa di Bantul, Siapkan Dana Bantuan

Kompas.tv - 1 Juli 2023, 13:44 WIB
sri-sultan-hb-x-bakal-tinjau-dampak-gempa-di-bantul-siapkan-dana-bantuan
Ilustrasi. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X akan meninjau lokasi terdampak gempa Bantul, Sabtu (1/7/2023) (Sumber: Kompas TV/Michael Aryawan)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

YOGAYAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X akan meninjau lokasi yang terdampak gempa di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. 

Diketahui, gempa magnitudo 6,4 mengguncang Bantul dan sekitarnya pada Jumat (30/6/2023) malam. Akibatnya ratusan rumah warga rusak.

Sultan Hamengku Buwono X menyatakan telah menerima laporan data dampak dari gempa Bantul. Ia menyebut, rata-rata kerusakan hanya ringan.

"Kalau laporan sudah. Tapi relatif rusak ringan semua, hanya jumlahnya paling banyak di Gunungkidul," ujar Sri Sultan HB X usai pertemuan di kompleks Kepatihan, Sabtu (1/7/2023).

Baca Juga: 1 Korban Meninggal Akibat Gempa Bantul M6,4 Seorang Nenek, Diduga Serangan Jantung Saat Guncangan

Pria yang juga Raja Keraton Yogyakarta itu menyampaikan, Dinas Sosial DIY sudah terjun ke lokasi-lokasi terdampak. Pihaknya masih menunggu laporan dari pendataan Dinas Sosial di lokasi.

Selain itu, Sri Sultan juga akan bertemu dan rapat dengan bupati sebelum meninjau langsung ke lokasi terdampak.

Terkait bantuan, Sri Sultan menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten memiliki dana darurat untuk penanganan bencana.

"Prinsipnya mereka kan juga punya dana taktis, dana darurat. Kalau di Bantul masih ada 14 (miliar) kalau Gunungkidul masih 5 (miliar)," ungkapnya.


Pemda DI Yogyakarta, lanjut Sri Sultan HB X, siap memberikan bantuan jika dana darurat di pemerintah kabupaten tidak mencukupi.

"Ya nanti kalau kurang kita bantu. Tapi sebetulnya kan tidak hanya seperti itu, saya butuhnya mereka ini masih bisa tinggal di rumahnya enggak? Atau mampu enggak? Dalam arti disuplai konsumsi untuk makan dan sebagainya. Tapi kan reportnya belum sampai di situ. Hanya ringan sama sedang aja," urainya.

Baca Juga: BMKG: Ada 44 Gempa Susulan Pasca Gempa Bantul DIY Magnitudo 6,4

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan jumlah rumah rusak akibat gempa Bantul mencapai 106 unit rumah.

Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal mengatakan data terbaru kerusakan rumah akibat gempa itu tersebar di Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo.

"Rumah rusak 106 unit, terdiri atas 102 unit rusak ringan dan empat unit rusak sedang," kata Danang.

Kerusakan rumah paling banyak di Kabupaten Gunungkidul mencapai 54 rumah rusak ringan dan rumah rusak sedang.

Kemudian Kabupaten Bantul sebanyak 31 rumah rusak ringan, Kulon Progo 1 rumah rusak ringan, dan Sleman satu rumah rusak ringan.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x