Kompas TV regional jawa tengah dan diy

1 Korban Meninggal Akibat Gempa Bantul M6,4 Seorang Nenek, Diduga Serangan Jantung Saat Guncangan

Kompas.tv - 1 Juli 2023, 12:46 WIB
1-korban-meninggal-akibat-gempa-bantul-m6-4-seorang-nenek-diduga-serangan-jantung-saat-guncangan
Ilustrasi gempa bumi. Satu korban jiwa yang tercatat meninggal dunia saat gempa bumi magnitudo 6,4 yang mengguncang Bantul, DI Yogyakarta adalah seorang nenek 67 tahun. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Satu korban jiwa yang tercatat meninggal dunia saat gempa bumi magnitudo 6,4 yang mengguncang Bantul, DI Yogyakarta adalah seorang nenek 67 tahun.

Nenek yang merupakan warga Wonodoro, Kalurahan Mulyodadi, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul itu diduga meninggal dunia karena kaget saat gempa terjadi.

Panewu Bambanglipuro, Tri Manora mengungkapkan berdasarkan penutusan warga korban sedang berada di rumahnya bersama suami sebelum gempa terjadi.

Saat gempa, sang suami keluar rumah untuk menyelamatkan diri, namun kembali ke dalam rumah mengingat istrinya masih di dalam rumah.

Baca Juga: BMKG: Ada 44 Gempa Susulan Pasca Gempa Bantul DIY Magnitudo 6,4

"Suaminya sempat keluar menyelamatkan diri. Namun sesaat kemudian, ia menyadari sang istri masih berada di dalam. Diduga kaget saat hendak bangun dari tempat tidurnya, beliau akhirnya seda (meninggal) di pangkuan sang suami," kata Tri Manora, dilansir dari TribunJogja, Sabtu (1/7/2023).

Pernyataan Tri itu juga diperkuat keterangan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Agus Yuli Herwanta. Agus mengatakan, korban yang berinisial S tersebut kaget dan terjatuh dari tempat tidur begitu gempa mengguncang.

Update Dampak Gempa Bantul

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa
Yogyakarta (DIY) menyatakan jumlah rumah rusak akibat gempa bumi bermagnitudo 6,4 mencapai 106 unit rumah.

Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal mengatakan data terbaru kerusakan rumah akibat gempa itu tersebar di Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga: Detik-Detik Pesawat Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Take Off 10 Menit Sebelum Gempa Bantul

"Rumah rusak 106 unit, terdiri atas 102 unit rusak ringan dan empat unit rusak sedang," kata
Danang, Sabtu, seperti dikutip dari Antara.

Kerusakan rumah paling banyak di Kabupaten Gunungkidul mencapai 54 rumah rusak ringan dan rumah rusak sedang. Kemudian Kabupaten Bantul sebanyak 31 rumah rusak ringan, Kulon Progo 1 rumah rusak ringan, dan Sleman satu rumah rusak ringan.


Selain itu gempa Bantul juga mengakibatkan sejumlah objek atau bangunan lain di DIY mengalami kerusakan, diantaranya 12 unit fasilitas perkantoran, lima unit fasilitas ibadah, tiga unit faslitas usaha, dua unit fasilitas pendidikan, dua unit fasilitas kesehatan.

Berikutnya, tiga unit kandang ternak, satu unit jaringan listrik, satu unit tiang listrik, dan dua unit travo listrik.



Sumber : Tribun Jogja, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x