Kompas TV nasional peristiwa

Detik-Detik Pesawat Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Take Off 10 Menit Sebelum Gempa Bantul

Kompas.tv - 1 Juli 2023, 11:03 WIB
detik-detik-pesawat-presiden-jokowi-dan-ibu-iriana-take-off-10-menit-sebelum-gempa-bantul
Presiden Joko Widodo berkunjung ke kawasan wisata Malioboro, Kamis (29/6/2023) (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berkekuatan magnitudo 6,4 terjadi pada hari yang sama saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana mengunjungi Yogyakarta, Jumat (30/6/2023).

Namun, Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden mengatakan pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana berangkat pada pukul 19.20 WIB.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang berpusat di Laut 86 Km BaratDaya Bantul itu terjadi pada pukul 19.57 WIB.

Artinya, rombongan Presiden Jokowi tidak merasakan getaran gempa Bantul karena sedang naik pesawat menuju Jakarta.

"Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Bapak Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan take off pada Jumat, 30 Juni 2023 pukul 19.20 WIB," kata Bey dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Sabtu (1/7).

Baca Juga: Sore Ini Jokowi Bakal Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-77 di GBK Sabtu 1 Juli 2023

Adapun menurut Kepala Istana Yogyakarta Deni Mulyana, gempa juga dirasakan di Gedung Agung Istana Kepresiden. Ia menjelaskan, kondisi seluruh gedung dan bangunan dalam kondisi baik, tidak terjadi kerusakan sama sekali.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi dan keluarga berada di Yogyakarta sejak Rabu (28/7) untuk merayakan Iduladha 1444 Hijriah.


Pada Kamis (29/6), Joko Widodo menikmati momen libur Iduladha 1444 Hijriah dengan berkunjung ke salah satu tempat wisata di Yogyakarta yakni Jalan Malioboro.

Diberitakan sebelumnya, gempa Bantul ini tidak hanya dirasakan di Yogyakarta, namun juga dirasakan di berbagai daerah.

Guncangan gempa Yogyakarta dirasakan dalam skala intensitas IV MMI, tak hanya dirasakan warga di Bantul, tetapi juga kota-kota di Jawa Timur, seperti Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan dan Trenggalek.

Selain itu, dampak gempa bumi di Yogyakarta juga dirasakan hingga Karangkates, Klaten, Kulonprogo, Wonogiri dengan skala intensitas III-IV MMI.

Baca Juga: Update Dampak Gempa Bantul: 1 Orang Meninggal, 93 Rumah Rusak hingga Jatim, Listrik Padam di 9 Titik

Serta di Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto, Mojokerto, Pacitan, Gresik, Malang, Salatiga, Jepara dengan skala intensitas III MMI.

Bahkan, dampak guncangan gempa Yogyakarta yang berpusat di laut di Barat Daya Bantul, dengan kekuatan M 6,0 pada kedalaman 67 Km juga dirasakan di daerah yang lebih jauh, hingga ke Lumajang, Ngawi, Blora, hingga Bandung, Jawa Barat.
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x