Kompas TV regional jawa timur

Bangun Pabrik Pupuk Organik di Tahun 2023 untuk Wujudkan Jember Daulat Pangan (3)

Kompas.tv - 30 Juni 2023, 11:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Penghargaan satyalancana wira karya di bidang pertanian memotivasi Bupati Jember, Hendy Siswanto untuk menjadikan Kabupaten Jember swasembada atau daulat pangan. Daulat pangan tidak akan dicapai jika petani masih sering kekurangan dan kesulitan pupuk.

Untuk mewujudkan Jember swasembada pangan dan pupuk, Pemkab Jember akan membangun pabrik pupuk organik di tahun 2023.

“Kami punya program dengan kawan-kawan OPD untuk membangun pupuk organik, nantinya ini satu-satunya pabrik pupuk yang ada di seluruh Indonesia. Jember punya lahan pertanian terluas ketiga di Indonesia, yakni 86 ribu hektar, maka jika tidak diimbangi dengan pabrik pupuk, maka target tidak bisa terpenuhi,” ujar Hendy Siswanto.

Hasil pabrik pupuk organik nantinya akan digunakan untuk membantu petani. Pemkab Jember akan menerapkan uji coba ke lahan petani, dimana sebagian lahan akan menggunakan pupuk organik. Langkah ini dilakukan dengan harapan mindset petani perlahan dapat diubah dan secara perlahan tidak lagi bergantung pada pupuk kimia.

Selama penggunaan pupuk organik, tim dari Pemkab Jember akan mendampingi petani agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya.

“Kami akan kawal dan dampingi petani selama menggunakan pupuk organik, jika ada apa-apa, nanti akan diberikan ganti rugi, agar petani tidak rugi. Pemerintah juga akan melakukan riset terus-menerus terkait penggunaan pupuk organik. Kedepan targetnya, petani di Kabupaten Jember sudah menggunakan pupuk organik,” tegas Hendy Siswanto.

Baca Juga: Dalam Sepekan, Bupati Jember Raih 2 Penghargaan dari Presiden dan Menteri Sosial (1)

Baca Juga: 3 Langkah Bupati Jember Tingkatkan Produktivitas Pertanian di Tanah Rawan Bencana (2)    

#PabrikPupuk #PupukOrganik #PemkabJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB
Close Ads x