Kompas TV regional sulawesi

PT GNI Morowali Utara Masih Selidiki Penyebab Kecelakaan Kerja yang Timbulkan 7 Korban

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 19:07 WIB
pt-gni-morowali-utara-masih-selidiki-penyebab-kecelakaan-kerja-yang-timbulkan-7-korban
Insiden kecelakaan kerja kembali terjadi di pabrik smelter PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) Desa Bunta, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.  (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV — Pihak PT Gunbuster Nickel Industri atau GNI, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, angkat bicara soal kecelakaan kerja yang menimbulkan tujuh korban pada Senin (26/6/2023).

Kasus kecelakaan kerja yang terjadi tersebut mengakibatkan empat orang luka ringan, dua orang masih dirawat di rumah sakit, dan satu lainnya meninggal dunia.

Head of Human Resources and General Affairs PT GNI Muknis Basri Assegaf menyebut, pihaknya masih menyelidiki kronologis penyebab kecelakaan kerja tersebut.

Setelah mendapatkan hasil penyidikan, kata dia, perusahaan baru bisa memberikan penjelasan resmi ke publik.

“Kami sedang berduka. Kejadian ini merupakan pukulan berat bagi kami. Sebab, pada saat bersamaan, kami sudah berbenah lebih baik di segala aspek, terutama dari sisi keamanan bekerja,” ujar dia saat dikonfirmasi Kompas.id, Rabu (28/6/2023), dari Jakarta.

Baca Juga: Kecelakaan Kerja kembali Terjadi di PT GNI, Safri: Pemerintah Tidak Punya Nyali Tegur Mereka

Saat ini, lanjut Muknis, pihak perusahaan masih konsentrasi menangani korban, terutama yang masih menjalani rawat inap.

PT GNI, lanjut dia, juga mengupayakan agar jaminan sosial kematian segera cair dan perusahaan memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal.

“Kami berduka cita kepada pihak keluarga korban,” kata Muknis.

Sebelum kecelakaan kerja yang terjadi pada 26 Juni tersebut, insiden juga pernah terjadi di PT GNI, yakni kebakaran pada 22 Desember 2022.

Kebakaran tersebut yang bermula dari adanya ledakan di Smelter 2 Tungku Nomor 17 PT GNI. Api kemudian membesar dan membuat dua orang pekerja terjebak di lokasi, lalu meninggal.

Pada  29 Januari 2023, seorang pekerja PT GNI meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan akibat kendaraan truk yang dikemudikannya tergelincir di jalan hauling.

Terpisah, Ketua Pengurus Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Sulawesi Tengah, Katsaing, menyebut, Serikat Pekerja Nasional pernah mencoba melakukan mediasi langsung ke pihak manajemen PT GNI.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x