Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Laris ! Jasa Perawatan Tanduk dan Kuku Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 13:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Tak hanya manusia yang melakukan perawatan untuk mempercantik penampilan, di Kudus, Jawa Tengah, kambing pun menjalani perawatan untuk mempercantik serta meningkatkan harga jual.

Adalah Sutomo, warga Desa Puyoh, Kecamatan Dawe, Kudus merupakan salah seorang penyedia jasa perawatan tanduk dan kuku kambing dengan peralatan sederhana seperti kikir, gergaji besi, gunting dan tali, Sutomo biasanya berkeliling menawarkan jasa di pasar hewan.

Pada momen menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha ini menjadi berkah tersendiri bagi penyedia jasa seperti dirinya, jika di hari biasa dia hanya melakukan perawatan tanduk dan kuku untuk 5 ekor kambing, namun momen menjelang hari Idul Adha dia mengaku bisa mencapai hingga 30 ekor kambing per harinya.

"Tanduk, kuku, terutama kuku, kan ada yang kepanjangan bisa digunting atau diperbaikilah. Kalo dalam satu hari (momen jelang Idul Adha) itu bisa mencapai 30, tapi kalau hari biasa mencapai 5 ekor," kata Sutomo, penyedia jasa perawatan tanduk dan kuku kambing.

Para pedagang kambing mengaku cukup terbantu dengan adanya jasa perawatan tanduk dan kuku ini, karena kambing akan terlihat lebih rapi dan bersih, sehingga dapat menambah nilai jual dan menarik minat para pembeli dan harganya pun cukup terjangkau.

"Su[aya baguslah, dilihatkan nampak bagus, memperngaruhi harga jual, kan lumayan service nya cuma 20 - 25 ribu rupiah, " ungkap Suparmin, penjual kambing.

Selain menawarkan jasa perawatan tanduk dan kuku secara keliling di pasar hewan, Sutomo juga melayani jasa panggilan maupun perawatan di rumah para peternak.

#iduladha #hewankurban #kudus 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x