Kompas TV regional jawa timur

Ternak Kambing Makan Sampah Plastik di Pesisir Pantai Situbondo

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 18:35 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SITUBONDO, KOMPAS.TV - Hewan ternak kambing di Situbondo Jawa Timur memakan sampah plastic. Hewan itu dilepasliarkan oleh pemiliknya di area pesisir pantai hingga mencari makan di tumpukan sampah rumah tangga. Petugas dinas peternakan setempat meminta pemiliknya tidak menjual kambing tersebut untuk kurban idul adha, karena dagingnya tidak sehat.

Hewan ternak kambing dilepasliarkan di area pesisir pantai Panarukan Kabupaten Situbondo. Di lokasi ini, kambing mencari makan setiap harinya di tumpukan sampah limbah rumah tangga. Kambing terlihat lahap memakan berbagai jenis sampah. Bahkan kambing memakan sampah plastik yang tidak bisa cerna.

Baca Juga: MUI Menganjurkan Berkurban dengan Kambing di Tengah Wabah PMK

Pengawas bibit ternak pada Dinas Peternakan dan Kelautan Kabupaten Situbondo menghimbau peternak untuk memberikan pakan kambing dengan dedaunan atau rumput. Karena hewan ternak pemakan sampah berpotensi mengalami penyakit penyumbatan pencernaan akibat masuknya sampah plastik ke sistem pencernaan. Selain itu, daging kambing juga tidak sehat dikonsumsi.

Pemerintah menghimbau kepada masyarakat yang ingin berkurban pada idul adha untuk tidak membeli hewan yang memakan sampah.

 

#kambing #sampahplastik #situbondo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x