Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Upaya Dukung Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional

Kompas.tv - 19 Juni 2023, 18:12 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ditemui usai membuka sosialisasi program pembinaan literasi bagi generasi muda yang berkolaborasi dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, anggota komisi X DPR RI, Mujib Rohmat menegaskan peningkatan atau pengembangan literasi bagi masyarakat dan generasi muda sebagai upaya dalam mendorong bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. 

Menurut Mujib literasi menjadi sesuatu yang penting apalagi Indonesia diakui masih tertinggal, padahal Indonesia sendiri akan menghadapi bonus demografi tahun 2035 yang diharapkan generasi muda dapat menjadi obyek untuk pengembangan literasi. Selain itu juga sebagai subyek untuk pengembangkan eskalasi percepatan pemahaman literasi digital di masyarakat.

Pada kesempatan itu anggota Komisi X DPR RI mendorong agar bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional yaitu dengan cara melalui pendekatan dengan UNESCO, kemudian melalui kedutaan di masing-masing negara,gencar memberikan sosialisasi.

"Utusan kita, kalo kita berkunjung ke negara lain, kita menggunakan Bahasa Indonesia. Dan tadi juga disampaikan oleh mas Syarif, sudah 52 negara dan pendekatannya melalui kedutaan-kedutaan kita, " kata Mujib Rohmat, anggota Komisi X DPR RI.   

Sementara Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Syarifudin menegaskan internasionalisasi bahasa Indonesia terus dilakukan melalui UPT terkait.

"Bahasa Indonesia itu kan sekarang sudah berkembang, dan akan menjadi bahasa internasional, dan itu usaha kita semua," ujar Syarifuddin, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng.

Syarifudin menambahkan dasar hukum terkait program internasionalisasi bahasa Indonesia ini ada dalam UU No 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan.

#bahasaindonesia #bahasainternasional #unesco



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x