Kompas TV regional papua maluku

Pembentukan Komite Nasional KKB Papua Dibubarkan Aparat, 14 Nakes Dievakuasi ke Zona Aman

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 22:00 WIB
pembentukan-komite-nasional-kkb-papua-dibubarkan-aparat-14-nakes-dievakuasi-ke-zona-aman
Jajaran Polres Tambrauw, Polda Papua Barat, berhasil mengamankan beberapa aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya, Jumat (9/6/2023). (Sumber: Tribun Sorong)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

PAPUA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan bersama pemerintah daerah serta aparat keamanan, mengevakuasi 14 tenaga kesehatan (nakes) peserta program Nusantara Sehat Kemenkes di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat.

Evakuasi ini adalah buntut dari terjadinya ancaman keamanan dari Kelompok Keriminal Bersenjata (KKB) Papua yang lokasinya berada di wilayah kerja para nakes.

"Rekan sejawat kita telah dibawa ke Sorong setelah mendapat ancaman dari KKB. Terima kasih kami ucapkan kepada pemda dan aparat setempat yang dengan sigap membantu evakuasi," ungkap Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan drg Arianti Anaya dalam keterangannya, Minggu (11/6/2023).

Baca Juga: KKB Bakar Excavator, Minta Polisi Bebaskan Anggotanya yang Ditangkap

Diketahui ancaman keamanan itu berawal pada Jumat (9/6/2023), hari itu terjadi pertemuan pembentukan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) oleh KKB di Distrik Bamus Bama, Kabupaten Tambrauw. Pertemuan itu dihadiri oleh 23 orang.

Kegiatan ini akhirnya dibubarkan oleh aparat TNI dan POLRI. Saat pembubaran aparat keamanan berhasil menangkap 11 orang.

Kondisi pasca pembubaran, dinilai bisa memicu adanya kondisi keamanan yang kurang kondusif, sehingga Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw meminta para nakes segera di bawa ke zona aman.

Saat ini, seluruh nakes yang dievakuasi sudah berada di Sorong sejak Sabtu (10/6/2023) dini hari.

Baca Juga: KKB Tolak Negosiasi Dengan TNI Polri Untuk Pembebasan Pilot Susi Air


 



Sumber : Tribun News


BERITA LAINNYA



Close Ads x