Kompas TV regional jawa timur

Tukang Las di Jember Berangkat Haji Setelah Nabung 15 Tahun

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 19:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang tukang las di Kabupaten Jember Jawa Timur bisa berangkat haji setelah menabung selama 15 tahun. Ia tak menyangka bisa melunasi biaya haji karena usahanya nyaris tutup akibat pandemi covid-19. Namun ia tetap bertahan dengan menjadi tukang las keliling.

Adalah Dedi Iskandar, tukang las asal Jalan Melati Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember yang bernasib untung. Pasalnya, ia bisa berangkat haji tahun ini setelah menabung selama 15 tahun.

Ia selalu menyisihkan uang dari upah membuat pagar besi, peralatan masak dan beragam perabot logam lainnya. Uang yang terkumpul digunakan untuk mendaftar haji di tahun 2008. Perjuangannya untuk bisa berangkat haji mendapat banyak rintangan. Terutama saat pandemi covid-19. Usaha lasnya nyaris tutup dan sempat takut tak bisa melunasi biaya haji.

Namun Dedi merubah strategi dengan menawarkan jasa las keliling dari rumah ke rumah. Bahkan ia sempat merantau ke Jakarta menjadi pekerja bangunan. Berkat kerja kerasnya, Dedi akhirnya bisa melunasi biaya haji yang naik. Ia tak menyangka berangkat tahun 2023 karena sebelumnya masuk daftar cadangan, yang berangkat tahun 2024.

Baca Juga: Biaya Haji Belum Lunas, 273 CJH di Jember Gagal Berangkat

Dedi dijadwalkan berangkat ke tanah suci bersama 2084 jemaah calon haji lainnya pada tanggal 13 dan 17 Juni mendatang.

 

#naikhaji #tukanglas #ibadahhaji



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x