Kompas TV regional jawa barat

Bupati Pangandaran Belum Terima Surat Pengunduran Diri Guru Muda Husein: Sampai Hari Ini Tidak Ada

Kompas.tv - 11 Mei 2023, 05:05 WIB
bupati-pangandaran-belum-terima-surat-pengunduran-diri-guru-muda-husein-sampai-hari-ini-tidak-ada
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PGRI Kabupaten Pangandaran tahun 2022, Sabtu (24/12/2022). (Sumber: Humas Pemkab Pangandaran)

PANGANDARAN, KOMPAS.TV - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyebut hingga hari Rabu (10/5/202) dirinya belum menerima surat pengunduran diri guru muda sekaligus aparatur sipil negara (ASN), Husein Ali Rafsanjani, yang menjadi perbincangan publik.

Sebelumnya, guru muda Husein mengaku telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai ASN karena tak kuat menghadari berbagai bentuk intimidasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran usai ia melaporkan dugaan pungutan liar (pungli) terhadap para guru rekan sejawatnya.

Ia bahkan mengaku diancam bisa dipecat apabila tak mau menurunkan laporan dugaan pungli di situs pemerintah lapor.go.id.

"Surat pemecatannya belum keluar dan akhirnya saya berinisiatif bikin surat pengunduran diri dengan draft didikte sama mereka. Saya sudah konfirmasi beberapa kali, katanya lagi proses," kata Husein, Selasa (9/5/2023) dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Heboh Guru Muda di Pangandaran Lapor Dugaan Pungli Diancam Pemecatan, Pilih Mengundurkan Diri

Mengenai surat pengunduran Husein, Bupati Jeje mengaku belum menerima berkasnya untuk persetujuan kepala daerah, sehingga status Husein saat ini masih ASN guru.

"Sampai hari ini tidak ada di meja saya tentang surat pengunduran dirinya, karena pengunduran diri itu harus ada persetujuan dan jelas alasannya," kata Jeje, Rabu (10/5/2023) dilansir dari Antara.

Ia pun berjanji akan menindak tegas oknum yang melakukan pungli terhadap para guru, termasuk Husein.

"Tentu saya akan menindak tegas, apalagi ada tindak intimidasi, itu kan sangat memalukan," kata Bupati Jeje, Rabu (10/5/2023) dilansir dari Antara.

Ia mengaku sudah mendapatkan laporan dari ajudan tentang keresahan guru Husein yang melaporkan tentang pungli untuk kegiatan mengikuti latihan dasar bagi CPNS di Kota Bandung.

Jeje menyebut, pihaknya telah mencari tahu persoalan ini di internal Pemkab Pangandaran melalui Dinas Pendidikan (Disdik).

"Saya itu baru dengar dua hari lalu, kemarin setelah ajudan saya mengatakan ada video, saya lihat, cari tahu di internal pemerintah, Disdik, apa sebetulnya yang terjadi," kata Jeje.



Sumber : Kompas TV/Antara/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x