Kompas TV regional jawa timur

Lulusan SMA di Blitar Berdayakan Warga dengan Kerajinan Batik Barongan

Kompas.tv - 9 Mei 2023, 20:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Seorang lulusan SMA di Blitar Jawa Timur sukses mendirikan usaha batik barongan. Omzet yang didapat puluhan juta rupiah dan usaha ini menjadi tempat pemberdayaan masyarakat sekitar.

Di sebuah gang sempit di Kelurahan Sukorejo Kota Blitar inilah batik barongan khas Blitar diproduksi. Pembuatnya adalah ibu-ibu yang tinggal di gang sempit tersebut.

Usaha batik barongan ini merupakan ide dari Aji Sampurna. Awalnya pria lulusan SMA itu prihatin melihat ibu-ibu di lingkungannya banyak yang menganggur dan kurang produktif.

Berbekal kemampuan yang didapatkannya dari sekolah, Aji kemudian mencoba merintis usaha batik barongan pada tahun 2012 lalu. Kini setalah beberapa tahun berproduksi, kain batik barongan karyanya telah laku ke berbagai daerah.

Rata-rata dalam satu bulan, penjualan kain batik barongan mencapai 300 helai. Pendapatan puluhan juta rupiah pun dapat dikantongi.

Baca Juga: Batik Lidah Api Khas Kediri Dipasarkan Hingga ke Turki

Bagi Aji, yang terpenting ibu-ibu di lingkungannya kini bisa mendapatkan penghasilan lebih dari usaha batik barongan milinya. Pria berusia 36 tahun itu berharap usahanya bisa lebih besar sehingga bisa membantu lebih banyak warga.

#batik #barongan #blitar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x