Kompas TV regional berita daerah

Batik Lidah Api Khas Kediri Dipasarkan Hingga ke Turki

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KEDIRI, KOMPAS.TV - Usaha kerajinan batik tulis bermotif lidah api sukses dikembangkan oleh ibu rumah tangga di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Bagusnya kualitas kain dan uniknya motif lidah api membuat kain batik ini terjual hingga ke mancanegara, seperti Turki.

Batik lidah api dikembangkan di galeri lochatara milik Sih Panganti, warga Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Setiap hari, perajin sibuk melukis dengan canting dan malam. Mereka hanya melukis dua motif saja, yakni lidah api serta gringsing.

Motif lidah api dipilih karena bentuknya unik dan menggambarkan sejarah Kediri. Batik lidah api dijual ke sejumlah negara, seperti Hongkong, Taiwan hingga Turki.

Baca Juga: Batik Motif Daun dengan Pewarna Alami Empon-Empon

Harga batik lidah api karya sih panganti ramah di kantong. Satu kain batik lidah api dijual dengan harga mulai dari 150 ribu hingga 2 juta rupiah tergantung kesulitan dan keunikan motifnya.

 

#kainbatik #batiklidahapi #batikkediri


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Toko Material Roboh Akibat Sungai Meluap

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:22 WIB
Berita Daerah

Pengendara Motor Tewas Tercebur Sungai

Rabu, 25 Januari 2023 | 20:19 WIB
Close Ads x