Kompas TV regional sumatra

Jalan di Lampung jadi Mulus Kala Jokowi Datang, Komitmen Pemprov Dinilai Rendah dalam Infrastruktur

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 10:17 WIB
jalan-di-lampung-jadi-mulus-kala-jokowi-datang-komitmen-pemprov-dinilai-rendah-dalam-infrastruktur
Jalan rusak di Provinsi Lampung diperbaiki karena Presiden Joko Widodo mau berkunjung ke provinsi tersebut. Jalanan rusak sudah lama diprotes warga, tapi tak kunjung dibenahi. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana mengunjungi Provinsi Lampung untuk meninjau sejumlah jalan rusak.

Jadwal kunjungan awalnya direncanakan pada Rabu (3/5/2023) lalu, tetapi diubah menjadi hari ini, Jumat (5/5).

Rencana kedatangan Jokowi membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sibuk memperbaiki jalan, termasuk ruas jalan Simpang Randu-Gaya Baru dan wilayah sekitar Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, yang telah rusak parah selama bertahun-tahun.

Sejumlah warga mengaku senang dengan keputusan yang diambil Pemprov Lampung. Namun, tak sedikit juga yang mempertanyakan kenapa baru diperbaiki saat Jokowi datang.

Baca Juga: Jokowi akan ke Lampung Hari Ini: Cek Kebenaran Jalan Rusak, Gubernur Arinal Sebut Perbaikan Rp750 M

"Jangan hanya nunggu presiden datang, harusnya saat rusak harus segera diperbaiki," tutur Budi Raharjo, Selasa (2/5) kemarin, dikutip dari channel YouTube Kompas TV.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Lampung (Unila), Dedy Hermawan, menilai komitmen Pemprov setempat terkait pembangunan infrastruktur masih rendah.

Terbukti perbaikan jalan baru dilakukan setelah viral dan masyarakat bereaksi.

Perbaikan jalan kilat di lokasi yang akan ditinjau Jokowi menunjukkan kepanikan pemerintah provinsi atas capaian kinerja mereka di mata pejabat pusat.

"Dari situ memang ada komitmen yang rendah dalam pembangunan infrastruktur. Apa itu indikatornya? Setelah viral, baru pemerintah provinsi bergerak," jelas Dedy dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/5).

Baca Juga: Jumat 5 Mei 2023, Presiden Jokowi ke Lampung, Cek Jalan Rusak yang Viral!



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x