Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi akan ke Lampung Hari Ini: Cek Kebenaran Jalan Rusak, Gubernur Arinal Sebut Perbaikan Rp750 M

Kompas.tv - 5 Mei 2023, 06:30 WIB
jokowi-akan-ke-lampung-hari-ini-cek-kebenaran-jalan-rusak-gubernur-arinal-sebut-perbaikan-rp750-m
Kolase Presiden Jokowi yang ke Lampung hari ini, Jumat (5/5/2023) dan momen Gubernur Arinal Djunaidi (foto kiri) saat mengecek kondisi jalan yang rusak di Lampung. (Sumber: TribunKaltim)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Jika tidak ada perubahan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan berkunjung ke Lampung hari ini, Jumat (5/5/2023). Salah satu agenda kunjungan disebut-sebut untuk memastikan kebenaran sejumlah jalan rusak di provinsi tersebut yang jadi viral di media sosial.

Menurutnya jalan rusak akan mempengaruhi mobilitas orang dan mobilitas barang.

“Dampaknya biaya logistik gak bisa naik, sehingga barang tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, negara lain,” ujar Jokowi, dikutip dari channel YouTube Kompas TV.

Baca Juga: Pemprov Lampung Kebut Perbaikan Jalan sebelum Kedatangan Jokowi, Pengamat: Ajaib!

Jokowi akan berangkat pada pagi ini dan salah satu lokasi yang bakal disambanginya nanti adalah Jalan Rumbia di Lampung Tengah. Dalam beberapa hari terakhir, Jalan Rumbia sedang diperbaiki oleh Pemprov Lampung, usai rusak lebih dari 10 tahun.

"Saya ingin memastikan, besok mau melihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu bener atau nggak bener," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Kamis (4/5).

“Jadi kita ini baru mengumpulkan data-data jalan-jalan kabupaten kota yang rusak parah. Karena anggaran di Provinsi, Kabupaten kota tidak banyak diarahkan pembangunan insfrastruktur. Itu hal yang penting sekali,” ungkap Jokowi.

Satset, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung pun langsung gercep. Usai ramai diperbincangkan di media sosial, sejumlah jalan rusak di Lampung Tengah diperbaiki oleh pemerintah daerah setempat. Akhirnya kondisi jalan di Lampung pun mulus.


Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi membantah jika perbaikan jalan dilakukan karena rencana kunjungan Presiden Jokowi. Menurutnya perbaikan jalan sudah sesuai prosedur, yakni dilakukan setelah tender selesai dengan total anggaran Rp750 miliar.

Sejatinya, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Lampung pada Rabu (3/5) lalu. Namun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan hal itu urung dilakukan lantaran RI 1 masih ada kegiatan lain pada hari tersebut.

"Enggak tahu (alasan pembatalan). Mungkin jadwalnya Presiden," tutur Basuki dikutip dari Kompas.com, Rabu.

Selama kunjungan ke Lampung mendatang, Jokowi disebut akan meninjau kondisi fisik jalan di Lampung yang rusak dan menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Batal Hari Ini, Jokowi Tinjau Jalan Rusak Lampung Jumat Besok, Gubernur Arinal: Kita Siap

Penundaan kedatangan Jokowi ke Provinsi Lampung itu juga terkonformasi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi usai meninjau ruas jalan Korpri - Purwotani, Lampung Selatan, Selasa (2/5).

Ruas jalan tersebut dikabarkan akan jadi salah satu titik yang akan dikunjungi Jokowi nantinya.

"Tapi besok kan ditunda satu hari," kata Gubernur Arinal Djunaidi, dikutip dari TribunLampung.

Namun, ia mengklaim telah siap untuk menyambut orang nomor satu di Indonesia itu.
"Kita siap," ucap Arinal Djunaidi singkat.

Penulis: Gading Persada




Sumber : Kompas TV, Kompas.com, TribunLampung


BERITA LAINNYA



Close Ads x