Kompas TV regional sumatra

AKBP Achiruddin Hasibuan Banding Usai Dipecat dari Polri dan Ditetapkan Tersangka

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 09:59 WIB
akbp-achiruddin-hasibuan-banding-usai-dipecat-dari-polri-dan-ditetapkan-tersangka
AKBP Achiruddin Hasibuan memberi salam kepada awak media sebelum menjalani sidang etik di ruang Bid Propam Polda Sumatera Utara, Selasa (2/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

MEDAN, KOMPAS.TV - AKBP Achiruddin Hasibuan memutuskan mengajukan banding atas putusan sidang komisi kode etik yang menghukumnya berupa pemecatan atau pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH).

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Sumatera Utara atau Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak pada Selasa (2/5/2023) malam.

Baca Juga: Selain Gratifikasi Kapolda Sumut Pastikan Bakal Proses Pencucian Uang AKBP Achiruddin Hasibuan

"Saudara Achiruddin Hasibuan ini mengajukan banding. Nanti  membuat memori bandingnya, 14 hari terima," kata Irjen Panca.

Panca mengatakan hukuman yang dijatuhkan kepada AKBP Achiruddin Hasibuan berupa pemecatan karena dia sebagai anggota Polri tidak meyadari ketentuan dan peraturan yang mengikat tentang bagaimana berperan, berperilaku dan bertindak.

Berdasarkan fakta yang sudah didengar oleh majelis sidang komisi kode etik, kata Panca, maka diputuskan terkait dengan perilaku Achiruddin Hasibuan tersebut. 

"Sebagai seorang anggota Polri tidak sepantasnya dan tidak seharusnya membiarkan kejadian itu ada di depan matanya," kata panca seperti dikutip dari Kompas.com.

Menurut Panca, Achiruddin seharusnya menyelesaikan dan mampu melerai kejadian itu, namun faktanya hasil dari pemeriksaan dan sidang KKEP, Achiruddin tidak melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Jadi Tersangka Penganiayaan, Ini Peran dan Ancaman Hukuman AKBP Achiruddin Hasibuan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x