Kompas TV regional papua maluku

KKB Disebut Serang Warga untuk Pancing Anggota TNI dan Polri, Modusnya Diungkap Kapolda Papua

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 08:48 WIB
kkb-disebut-serang-warga-untuk-pancing-anggota-tni-dan-polri-modusnya-diungkap-kapolda-papua
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

PAPUA, KOMPAS.TV - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan kelompok kriminal bersenjata atau KKB terus berupaya memancing TNI-Polri.

Caranya, dengan melakukan penyerangan atau penembakan terhadap personel TNI dan Polri, tidak terkecuali masyarakat turut menjadi sasaran.

Baca Juga: Kapolda Papua Ancam Proses Hukum Warga dan Pejabat yang Dukung KKB Egianus Kogoya

Karena itu, ia mengingatkan anggota TNI-Polri untuk tidak mudah terpancing dengan berbagai aksi provokasi yang saat ini dilakukan KKB tersebut.

"KKB saat ini terus berupaya memancing dengan melakukan penyerangan atau penembakan terhadap personel TNI-Polri atau masyarakat,” kata Mathius dalam keterangannya di Jayapura, Senin (1/5/2023). 

Tujuannya, lanjut Mathius, agar aksi yang mereka lakukan tersebut langsung direspons oleh pihak TNI dan Polri.

Saat direspons itulah, kata Mathius, anggota TNI dan Polri yang bergerak menuju tempat kejadian perkara atau TKP langsung diserang oleh KKB.

Itu sebabnya, Mathius meminta personel TNI dan Polri harus benar-benar memperhitungkan segalanya agar tidak jatuh korban jiwa.

Baca Juga: KKB Disebut Bakar Empat Rumah Warga di Ilaga, Kapolda Papua bakal Ambil Tindakan Tegas

Lebih lanjut, Mathius mengakui ada indikasi KKB sengaja memancing agar TNI dan Polri merespons aksi yang telah dilakukan dengan melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut.

Saat melakukan pengejaran itulah biasanya terjadi kontak tembak hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa, termasuk peralatan seperti senjata dan amunisi milik aparat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x